Bahar Sungkawa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Dahsyatnya Basmallah  Ketajaman Hati dan Ruhiyah (Tantangan Menulis Gurusiana H313)
Ilustrasi Gambar diunduh dari Google Image

Dahsyatnya Basmallah Ketajaman Hati dan Ruhiyah (Tantangan Menulis Gurusiana H313)

Bismillah adalah makna yang mendalam dimana hamba Alloh SWT dengan mengucapkan dengan lisan serta menghadirkan dalam hati bahwa Alloh selalu bersama kita. Sejatinya seseorang yang mengamalkan Basmallah " Dengan Menyebut asma Alloh yang pengasih lagi penyayang. " akan membekas didalam jiwanya dengan empat keutamaan :

1. Merasakan kehadiran Alloh SWT dalam setiap aktivitasnya

2. Bersemangat melakukan kebaikan

3. Takut melanggar aturan

4. Memiliki ketajaman Nurani

Masya Alloh begitu dahsyatnya Basmallah, sehingga hanya dua sifat Alloh dalam Basmallah, itu menjadi intisari dari Asma Ul Husna dari 99 Nama - nama Alloh SWT. Semua pekerjaan yang baik dan berkah wajib dimulai dengan ucapan Basmallah. Menyembeh, membunuh musuh agama serta memulai perang melawan musuh-musuh Alloh SWT dimulai dengan Basmallah.

Bukti bagaimana Basmallah menjadi ketajaman hati dan ruhiyah adalah kenerhasilah memenej diri dan menebarkan dakwah Islam, menebar Rahmatan Lil Alamin diseluruh penjuru Bumi ini. Beberapa bukti kesuksesan orang-orang/ hamba Alloh dengan Basmallah, Bismillahirrahmanirrahim, adalah :

A. Nabi Nuh AS

Nabi Nuh AS adalah nabi yang tidak pernah tergoda dengan godaan duniawi. Tugas dakwah yang dijalankan selama sembilan tahun hanya berhasil mengajak segelintir umat manusia di jamannya. Baginya mengemban dakwah dengan kualitas dan loyalitas, telah dijalaninya. Jumlah umat dengan target jumlah umat yang besar, hanya kehendak dan takdirNya. Kesabaran dan kegigihannya dari berbagai tantangan, ancaman, serangan dan kejaran musuh-musuh Alloh dengan satu rahasia, yakni setiap berdakwah dengan mengawalinya dengan ucapan Basmallah. Buktinya adalah Firman Alloh SWT yang diabadikan dalam Qur;an Surat : Hud - 41

Dan Nuh berkata : " Naiklah kamu semua kedalamnya dengan menyebut nama Alloh diwaktu berlayar dan berlabuhnya."Seungguhnya Rabbku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Dengan memulai aktivitas dakwahnya dengan Basmallah, Nabi Nuh AS, berprinsip dengan kualitas dan kerja profesional serta berproses dan menyerahkan hasilnya kepada Alloh SWT. Kecewa dalam berdakwah,  bekerja akan hasilnya tidak dirasakan karena Nabi Nuh telah bekerja secara profesional dan sesuai dengan apa yang diperintahkan Alloh SWT atasnya. Wallahu Alam.

B. Nabi Sulaiman AS dan kerajaannya.

Saat burung Hud-hud melaporkan hasil investigasi dan inteligensi dilaporkanlah ada kerajaan yang diperintah oleh Ratu Balqis, kerajaan yang besar dan makmur namun belum menyembah Alloh SWT. Maka misi Nabi Sulaiman ingin menyampaikan dakwah kepada sesama pengiasa negeri. Prinsip Basmallah diterapkan oleh Nabi Sulaiman kepada Ratu Balqis sebagaimana FirmanNya :

" Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan sesungguhnya (isinya Dengan menyebut nama Alloh yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang." Qs An-Naml : 10.

Bismillahirrahmanirrahim adalah sebuah prinsip mentauhidkan Alloh SWT dengan misi Rahmatan Lil Alamin, bukan semata-mata menaklukkan dan menguasainya, namun mengajak untuk berkoalisi dan menjadi partner dalam mentauhidkan Alloh SWT dalam barisan-barisan Tauhidulloh. Dengan konsep Basmallah, Balqis menerima ajakan tauhidulloh dan semata-mata tunduk dan loyalitas kepada Alloh bersama Nabi Sulaiman AS. Wallahu alam.

C. Nabiulloh Muhammad Rasululloh SAW

Muhammad Rasululloh adalah kekasih dan hamba pilihanNya tentu saja yang dicintainya adalah Alloh SWT. Peristiwa Isra-Miraj merupakan momentum tertinggi beliau bertemu dengan Rabbnya yang dicintainya. Nama-nama Allohpun senantiasa disebutkan dalam setiap aktivitas dikehidupannya. Kecuali jika beraktivitas di Kamar Mandi dan kamar Kecil. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadistnya : :" Setiap perkara penting yang tidak dibuka dengan Bismillahirrahmanirrahim, maka akan terputus." (HR Abu Daud dan Ibmu Majah) . Terputus dari apa?. Ahli Hadist menyatakan terputus dari keberkahan Alloh SWT. Ada juga yang berpendapat terputus dari kebaikan dan keridhoan Alloh SWT. Karena itu amatlah disayangkan jika perkara penting misalnya :" keputusan hukum yang mengatir umat Islam tidak diawali dengan Basmallah, maka tidak ada keberkahan atas umat/masyarakat tersebut. Hattapun pernyataan kemerdekaan suatu bangsa yang mayoritas Muslim seharusnya diucapkan dengan Basmallah. Itu meniurut arahan dan contoh Nabi Muhammad SAW.

Rahasia Sukses dakwah. pendidikan, dan pembinaan masyarakat dan kader utama kepemimpinan Islam adalah Basmallah. Hal ini dijelaskan oleh putri beliau Aisyah RA :" Nabi SAW selalu menyebut Alloh dalam setiap kesempatan." (HR Muslim).

Kesimpulan dalam amal salih dalam Qs Al-Fatihah dalam makna Basmallah ialah : Kebiasaan Unggul : Menyebut Basmallah disetiap aktivitas yang kita lakukan. Semoga dengan mengucapkan Basmallah dalam setiap aktivitas maka jiwa dan hati kta akan terasah menjadi tajam dalam Aqidah, Ruhiyah dan keimanan kita. Wallahu alam.

Sumber Informasi : The 7 Islamic Daily Habits Hidup Islam dan Modern berbasis AlFatihah karangan Dr. H. Harjani Hefni.MA.

Sukabumi  21 Maret 2021

Bahar Sungkowo SPd MPd

SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

IPS Kewirausahaan, Pencipta Model Pendekar SAKTI dan Metode Menulis ASAH PENA

WA 087820994093

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post