Bahar Sungkawa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Dibawah Naungan Surat Al-Fatihah (Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke 312)
Ilustrasi Gambar diunduh dari Google Image

Dibawah Naungan Surat Al-Fatihah (Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke 312)

Surat Al Fatihah menjadi pembuka dalam Al Quran. Tentu, surat Al-Fatihah  perlu dipahami umat Islam. Apa saja?.Al Fatihah merupakan surat paling agung dalam Al-Quran. Berdasarkan hadist riwayat Bukhari, Rasulullah mengatakan bahwa surat yang paling agung dalam Al Quran adalah Al-Fatihah.

Surat Al-Fatihah merupakan pembuka dari Al-Qur'an yang didalamnya terkandung semua keagungan dari Al-Qur'an. Tak heran, jika membaca surat al Fatihah memiliki segudang keutamaan bagi umat Muslim. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

"Seagung-agung surat dalam Alquran ialah surat Al-Hamdu lillahi rabb Al-Alamin (Surat Al-Fatihah)." (HR. Imam Al-Bukhari).

Dalam sebuah ayat di Al-Qur'an menjelaskan sebagai beriut :

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian." (QS Al-Isra’: 82).

Makna ayat ini akan menjelaskan betapa manusia membutuhkan bimbingan dan arahan Alloh SWT dengan Al-Qur'an yang ibu dari Al-Qur'an sendiri adalah Suratul Fatihah.  Bebeberapa bentuk naungan Al-Fatihah sebagai bukti auntentik keberadaan Naungan Alloh bagi siapa hambaNya yang mau dan ingin mendapatkan naungan Alloh SWT.

A. Al-Fatihah dan surat-surat lainnya dalam Al-Qur'an menjadi penawar dan rahmat.

Dikatakan sebagai penawar, bukan dimaknakan sebagai jimat dan ajian-ajian yang mengarah kepada klenik, kurafat dan takhayul namun lebih ditekankan kepada makna penawar dari berbagai penyakit-penyakit hati seperti : Gundah gulana (galau), stress, dengki/hasad, dan lain-lainnya. Penawar dari santet dan guna-guna jelas ada dalam kisah Rasululloh SAW ketika saat itu Rasululloh SAW terkena santet/racun maka Alloh mengilhami untuk menyembuhkannya dengan air bening yang dibacakan suratul Fatihah. Namun itu hanya sebagian kecil makna penawar, yang sebenarnya dan hakiki adalah penawar dari virus dan racun akidah, keyakinan dan pengaruh manusia dan iblis yang menyesatkan kehidupan seorang muslim. Adapun rahmat dimaksudkan sebagai kelebihan yang diberikan langsung oleh Allah kedalam setiap hati dan sikap hidup yang memancarkan kepada amal perbuatan kelak meninggal dunia dengan khusnul khatimah, sedangkan nikmat adalah segala kepuasan yang diberikan oleh Allah. Dengan selalu menghadirkan surat Al-Fatihah dalam hari-hari kehidupan kita, Insha Alloh jiwa-jiwa kita terjaga dari kebinasaan dan kehancuran di dunia dan nanti diakhirat. Wallahu alam.

B. Al-Fatihah akan menaungi kita terhindar dari kebinasaan

Manusia yang tidak mengimani Alloh dan kitab sucinya maka, kehidupannya akan binasa. Sangatlah merugi bahwa didunia saja kehidupannya sudah binasa, meskipun secara kasat mata kehidupannya berlimpah harta, istri cantik, perusahaan besar, anak-anak yang sehat dan ceria, pembantu dan penjaga keamanan (bodyguard) yang setia menjaga keamanan diri dan keluarganya, namun dimata Alloh itu istidjraz yang menghinakan dan menghancurkan dirinya. Dimata Alloh itu hanya bangkai busuk yang tak bernilai dan membanggakan Alloh SWT. Diakhirat nanti dirinya akan mendapatkan kehinaan dan kehancuran sehancur-hancurnya. Anda mau seperti itu?. Yakini diri dan keluarga untuk merenungi, menghayati, mengamalkan dan melaksanakan surat Al-Fatihah dalam kehidupan dan keluarga maka Alloh akan menjauhkan diri dan keluarga dari kebinasaan dunia dan akhirat. Makna kebinasaan di dunia yang utama adalah : Kebinasaan aqidah dan pedoman hidup yang menjauhkan manusia dari Ad Dinul Islam serta benci akan penegakan syariatnya dibumi Alloh SWT. Jika ada dalam diri kita, masyarakat dan negara alergi dan phobia terhadap pengamalan surat Al-Fatihah, dengan mewujudkan JALAN LURUS sebagai penegakan syariat Alloh dalam diri, keluarga, masyarakat dan negara. Itulah makna Jalan Lurus atau Shiratal Mustaqim. Wallahu alam

C. Al-Fatihah akan menaungi kita terhindar dari kerugian dan menjadikan kita hamba Alloh yang beriman

Apa makna kerugian itu?. Kerugian adalah kesia-siaan yang dikerjakannya. Apa-apa yang dikerjakan tidak bernilai dihadapan Alloh, itulah kerugian yang besar. Alloh berfirman dalam surat Al-Ashr : 2 yang maknanya : " Sesungguhnya semua Manusia itu benar-benar dalam kerugian.". Naudzubillah tsumma naudzubillah min dzalik. Maknanya adalah kerugian dunia akhirat. Di dunia para sultan-sultan takjir yang tidak sadar akan makna hidup " Tidak kuciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepadaKu" (Qs 51:56). Mereka menghabiskan waktunya untuk pamer kekayaan dan kebahagiaan keluarganya. Apa makna ibadah?. tiada lain untuk membumikan syariat Alloh dan Alqur'an sebagai dasar pijakan dalam menetapkan hukum dan peraturan di muka bumi. Itulah makna ibadah dengan mengamalkan " Yang menjadi RAJA dalam hari tegaknya SYARIAH. Maka dikatakan "Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal salih. ( Qs Al-Ashr : 3). Karena itu Al Fatihah menaungi manusia untuk membentuk hamba-hambaNya menjadi golongan orang beriman dan beramal salih menegakkan keinginan Alloh dimuka bumi ini, "Tidak aku diperintah, kecuali untuk beribadah dengan seikhlas-ikhlasnya untuk Ad-Dien (syariat Alloh)." ( Al Bayyinah : 5). Wallahu alam.

Saudaraku, Insha Alloh ditulisan-tulisanku akan aku paparkan ayat demi ayat dengan rujukan terpercaya untuk memaknai lebih mendalam akan surat Al-Fatihah sehingga kita meraih naungan Alloh melalui Ibu dari Al-Qur'an ini. Wallahu alam.

Sukabumi 20 Maret 2021

Bahar Sungkowo SPd MPd

SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukabumi Jawa-Barat

IPS Kewirausahaan, Modul Pendekar SAKTI dan Metode ASAH PENA

WA 087820994093

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post