Bahar Sungkawa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menerapkan JAMES WATTS dalam pembelajaran Sejarah dimasa Pandemi. (2) (TMG Hari ke 322)
Ilustrasi Gambar diunduh dari Google Image

Menerapkan JAMES WATTS dalam pembelajaran Sejarah dimasa Pandemi. (2) (TMG Hari ke 322)

Assalamualaikum wr wb. Jumpa lagi dengan saya Guru Kretindo, Bahar Sungkowo SPd MPd dari SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukabumi Jawa-Barat. Kali ini saya akan menyambung pembahasan kreativitas pembelajaran dengan nama JAMES WATTS. Kemarin sudah saya jelaskan, makna dari JAMES dan kali ini saya akan paparkan WATTS nya.

2. WATTS

Watts adalah dua aplikasi yang mendukung pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 yakni dengan aplikasi SWAY dan aplikasi TTS. Pada Aplikasi Sway dibuat semacam buku bacaan yang berbagai informasi dapat diupload dalam Sway. Sebagaimana kita ketahui Sway adalah aplikasi yang disiapkan oleh Microsoft 365 yakni aplikasi Microsoft Teams.

Pada pembelajaran sejarah di kelas VII dan VIII SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukbumi, Sway yang dibuat adalah Sway dengan judul " Kebudayaan dan cipta karsa masa Hindu, Buddha dan Islam" untuk kelas VII dan untuk kelas VIII sway dengan judul " Kolonialisme Klasik dan Moderen ".

Adapun kegunaan Sway dalam pembelajaran Sejarah di kelas VII dan VIII adalah :

a. menjelaskan materi yang dipelajari oleh siswa dengan konten-konten dan informasi yang menunjang.

b. menjadikan siswa bersemangat untuk membaca materi karena tampilannya seperti sedang story telling sejarah

c. Meskipun banyak informasi yang dipaparkan, namun tidak membuat jenuh dan lebih bervariasi disetiap tampilannya sehingga tidak membosankan siswa.

Adapun aplikasi TTS atau teka-teki silang adalah aplikasi yang mudah dibuat dan menarik karena mengisi TTS disamping Asik juga belajar sejarah. Memang mengisi TTS jika berhubungan isian di kotak mendatar dan menurun, ini sangat mengasyikkan. Namun juga menyebalkan jika jawaban menurun dan mendatar tidak berhubungan, tentunya harus berpikir keras untuk menyamainya. TTS adalah obat pusing, karena bermain TTS dalam menghilangkan kepenatan dalam belajar.

Dalam menyusun soal menurun dan mendatar dalam TTS Sejarah, guru menggunakan aplikasi Cross Word yang mudah dan gratisan. Sehingga TTS dapat dibuat sebanyak banyaknya untuk materi-materi yang diajarkannya.

3. Hasil yang dicapai.

Untuk hasil yang dicapai belum semuanya menampakkan hasil yang optimal, karena untuk Watts nya belum di terapkan, baru dalam rancangan pembelajaran, sehingga tulisan ini akan bersambung dengan bagian 3. Tapi saya yakin bahwa hasil yang dicapai siswa akan berdampak signifikan terhadap penerapan JAMES WATTS yang saya kreasikan ini. Semoga saja.

Akhirnya saya mengucapkan selamat menunggu terselesaikannya strategi ini, semoga dapat menginspirasi teman-teman semua. Wassalamualaikum wr wb.

Sukabumi 30 Maret 2021

Bahar Sungkowo SPd MPd

SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

IPS Kewirausahaan, Modul Karakter SAKTI dan Metode ASAH PENA

WA 087820994093

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post