Bahar Sungkowo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kue Genit yang selalu 'ngangenin' (TMG 365 hari ke 200)
Ilustrasi Gambar di Posting dari Google Image. Thank Google Image.

Kue Genit yang selalu 'ngangenin' (TMG 365 hari ke 200)

Assalamualaikum wr wb. Dengan mengucapkan Bismillahi Alhamdulillah saya menulis di hari ke 200. Meskipun tulisanku bak mulut bergigi ompong, tapi semangatku terus menulis sampai dihari 365. Setelah mencapai 365, lalu mau apa lagi. Tentunya mau menerbitkab buku kumpulan tulisan terbaik, menginspirasi dan menjadi magnet orang lain untuk juga mau menulis. Nama atau judul bukunya adalah : "55 Tulisan Inspiratif di 55 tahun usiaku" . Wah tentunya bukunya akan bermanfaat loh. Salah satunya adalah tulisanku hari ini.

Hari ini saya lagi boring menulis yang jlimet-njimet, dan mau nulis yang ringan-ringan saja. Setelah berpikir cepat maka aku putuskan ingin menulis di Kue Genit yang ngangenin orang. Berasal dari kota Sukabumi, kue genit ini setiap kali tampil selalu memakai bedak dengan warna kulit yang berwarna warni, ada hijau, kuning, putih dan merah. Unik sekali bukan. Lalu siapakan si Kue genit itu?. Kue genit itu bernama " MOCCI" yaa Kue Mocci.

Kue Mocci adalah kue yang berasal dari China ada yang mengatakan dari Jepang. Konon setiap perayaan Tahun baru Kalender Jepang, kue Mocci selalu disajikan di setiap rumah di Jepang. Namun banyak versi berkaitan asal usul mocci di dunia pertama kalinya. Lalu bagaimana sejarah mocci di Indonesia?. Kue Mocci dari beras ketan ini lembut teksturnya dan kenyal-kenyal jika dikunyah.

Tak diketahui pasti kapan mulanya mochi berkembang di Indonesia. Namun dalam buku Melansir buku "Kuliner Semarangan - Menikmati Rasa di Sepanjang Pesisir Utara Jawa, Mengecap Lezatnya Kekayaan Cita Rasanya" (2019) oleh Murdjitati Gardjito, dkk terbitan Penerbit Andi Yogyakarta dijelaskan bahwa mochi di Indonesia pertama kali dikenalkan oleh sejumlah warga Tionghoa sekitar 1960-an. Beragam penjelasan dan informasi sejarah Mocci di Indonesia, itu semua bukan hal yang utama dan penting. Yang penting adalah bagaimana cita rasa dan cara membuatnya. Maka berikut ini penjelasan berkaitan dengan jenis dan macam Mocci dan tasa-rasanya. Sepintas tentang MOCCI

Ternyata mocci banyak tampilannya dan rasanya. Rasanya berkait dengan isinya. Juga rasa kulitnya juga memberikan keunikan tersendiri dari kue Mocci ini. Untuk jelasnya marilah menyimak jenis dan macam Mocci dan bagaimana cara membuatnya.

a. Ragam dan jenis MOCCI

ada beberapa ragam kue Mocci yang juga ragam rasanya yakni : Kacang, Coklat, Blueberry, Strawberry, Tiramisu, Green Tea, Keju Full, Taro dam Durian. wah.. mantap-mantap yaa rasanya. meskipun beragam rasa tapi penampilan tetap genit yakni memakai bedak. he..he...

Lalu bagaimana cara membuatnya? inilah resep memasak Mocci.

KUE MOCCI

(Resep Bunda Mauli dan sudah iizinkan)

Bahan kulit 250 gram tepung ketan putih 2 sdm tepung maizena 75 gram gula pasir 1/2 sdt vanila bubuk 1/4 sdt garam 320 ml air (boleh diganti santan atau susu) 2 sdm minyak Pewarna makanan sesuai selera Bahan isi 150 gram kacang tanah 75 gram gula pasir atau sesuai selera 1-2 sdm air panas Taburan 6 sdm tepung maizena atau tepung ketan, sangrai dengan api kecil selama 5 menit.

Cara membuat isiam kacang tanah (original)

Cara membuat mochi isi kacang tanah 1. Isi: Sangrai kacang tanah, buang kulit airnya, haluskan menggunakan blender atau ditumbuk kasar. Tambahkan gula pasir, aduk rata. Masukkan air panas, aduk hingga rata sampai adonan bisa dikepal. Bagi menjadi bulatan kecil. Sisihkan. 2. Campur semua bahan kulit mochi, aduk sampai rata dan licin. Tuang ke wadah tahan panas kemudian kukus sampai matang, sekitar 30 menit. Aduk adonan tiap 10 menit agar matang merata.

Bagi yang mau buat sebelum masak bacalah doa sebelum masak, agar diberikan kesuksesan dalam memasak. Menimbulkan kelezatan masakan dan dapat juga loh untuk ikhtiar usaha. Kan mantapp. Ingat, hati-hati dan siap menyesal karena kue genit ini akan menghipnotis anda kangen kepadanya dan pasti mengunjungi si kue genit di Jalan Kaswari kota Sukabumi. Selamat menikmati.

Demikian cerita kue genit MOCCI yang ngangenin, semoga menghibut yaa

Sukabumi 20 Juli 2022

Bahar Sungkowo SPd MPd

SMP Internet AlKausar parungkuda Kab. Sukabumi

WA 087820994093

IG/FB : Bahar Sungkowo

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post