Baldwine Honest

Pengelola dan Pendidik PAUD Handayani 4 Balikpapan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menghadapi Rengekan Anak saat Belanja

Menghadapi Rengekan Anak saat Belanja

Beberapa orang tua bertanya, mengapa setiap kali kami berbelanja ke toko, anak-anak selalu meminta ini dan itu, yang sebenarnya tidak dibutuhkan ? Jika tidak dibelikan, mereka merengek-rengek, malah kadang mengamuk.

Penyebabnya ada beberapa hal. Pertama, orang tua mana yang tidak ingin membahagiakan anaknya ? Mengabulkan dan membiarkan anak meminta barang-barang saat berbelanja, menjadi boomerang sendiri bagi orang tua. Bisa jadi karena orang tua yang tidak konsisten, misalnya ibunya selalu menolak, sementara ayah selalu mengabulkan.

Penyebab kedua, adalah faktor modeling dari perilaku orangtua atau lingkungannya. Ketika anak melihat ibu atau ayahnya berbelanja di supermarket atau toko, yang sepertinya mengambil barang sesuka hati, anak pun mulai mempaktekkan hal yang sama. Karena lingkungan mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan perilaku anak.

Faktor ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah adanya pengaruh iklan di Televisi atau Media lainnya yang sering anak lihat.Anak-anak merupakan sasaran empuk bagi produsen untuk memasarkan produknya. Iklan dibuat sedemikian menariknya sehingga mempengaruhi anak untuk mencoba produknya.

Seorang anak belajar dari bagaimana respon kita pada mereka. Pada umumnya, mereka “memaksa” dengan menggunakan tangis dan amukan. Ketika anak meminta baik-baik, kita mungkin tidak menurutinya. Tetapi begitu anak berteriak keras, menangis, bila perlu mengamuk, kita segera menurutinya. Pengalaman ini sangat “berkesan” sehingga mereka menjadikannya “pegangan” dalam menghadapi orang tuanya.

Lalu harus bagaimana apabila anak sudah telanjur berperilaku demikian?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :

1. Menulis daftar belanja.

Tuliskan dahulu daftar belanja yang akan kita beli. Kemudian tanyakan pada anak apa yang hendak mereka beli. Tentu saja kita harus selektif, dan memberikan penjelasan pada anak mengenai barang-barang yang bisa mereka beli.

2. Memberikan anak budget khusus.

Caranya adalah dengan menyisihkan dana khusus untuk anak. Misalnya, saat akan berbelanja, berika perkiraan dana yang dapat dibelanjakan oleh anak.

3. Teguh pada daftar belanja.

Ketika di tempat belanja, mungkin kita akan tergoda untuk membeli barang lain di luar daftar belanja. Usahakan tetap teguh pada daftar yang ada. Karena anak akan mencontoh perilaku orang tuanya.

4. Siapkan diri terhadap Perilaku Anak.

Bisa saja anak akan tetap merengek walaupun sudah membuat daftar belanjanya. Kita tetap harus siap dengan kondisi tersebut. Anak akan berteiak atau mengamuk demi keinginannya terpenuhi. Yang harus kita lakukan adalah tetap tenang, namun jangan mengabulkan permintaannya, karena hal tersebut akan menjadi senjata ampuhnya. Gendong anak dan usap punggungnya. Apabila anak semakin menampakkan sikap yang tidak meyenangkan, sebaiknya kita meninggalkan tempat belanja. Yang pasti, jangan sampai kita ikut terpancing emosi.

Mengatasi rengekan anak terhadap barang-barang saat berbelanja bukan hal yang mudah. Namun memang sebaiknya anak dilatih untuk tidak konsumtif, dan mengerti bahwa tidak semua permintaan bisa terpenuhi. Anak akan memahami bahwa diri mereka akan baik-baik saja walaupun tidak mendapatkan mainan, maupun permen yang dilihatnya di toko.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Artikel yang bagus sekali, Bunda. Tak selamanya memuruti keinginan anak adalah baik, terkadang menjadi sembilu untuk tumbuh kembang kepribadiannya. Empat tips dari bunda sangat tepat digunakan, karena banyak orang tua tak tega dengan rengekan anak-anaknya. Selalu ditunggu karya-karya berikutnya, Bunda.

20 Dec
Balas

Terima kasih bunda Sri Ayu Sipah....

26 Dec



search

New Post