Fathor Rozi, S.Pd

Alhamdulillah, perkenalkan nama saya Fathor Rozi, saya saat ini mengajar di SMP Muhammadiyah Bondowoso sebagai Guru BK. Pendidikan SD sampai SLTA di seles...

Selengkapnya
Navigasi Web
Karya Wisata di Batu So'on Solor Cermee

Karya Wisata di Batu So'on Solor Cermee

Oleh : Fathor Rozi, S.Pd

KS SMP Muhammadiyah Bondowoso

Komandan Daerah Kokam SAR Bondowoso

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Agenda Rekreasi kelas 9, SMP Muhammadiyah Bondowoso, hari minggu 13 juni 2021 dengan tempat tujuan :

1. Batu So'on (Cermee)

2. Tirta Agung (Sukosari)

Untuk tiket masuk di tanggung siswa,

Untuk konsumsi anak anak membawa sendiri sesuai kesepakatan kemaren. Itulah pesan singkat melalui chat group kelas 9 yang disampaikan Pak Boy selaku wali kelas.

Hari yang ditunggu-tunggu tiba, kendaraan ELP dan Kijang LGX digunakan sebagai alat transportasi menuju ke lokasi. Rute yang dilalui mengambil start di desa Koncer kecamatan Tenggarang di kediaman KS SMP Muhammadiyah 1 (SMP MUTU) Bondowoso, dan melalui kecamatan Wonosari, kecamatan Tapen, Kecamatan Klabang, Kecamatan Prajekan dan kecamatan Cermee. Dari kota kecamatan Cermee ke lokasi wisata Batu So''on kira-kira 20 km.

Daerah wisata Batu So''on ini termasuk salah satu program pengembangan wisata andalan kabupaten Bondowoso ( Dinas Pariwisata) yang dikemas dalam gerakan 'Ijen Geopark'. Batu So'on merupakan wisata alam yang mengandung unsur sejarah berupa situs bebatuan. Kumpulan batu-batu dalam ukuran yang sangat besar tersusun eksotis dan dapat memancing wisatawan untuk berfikir ke masa lampau (masa Megalitikum). Bebatuan ini, tingginya mencapai 25 meter.

Menurut masyarakat setempat, So''on (bahasa Madura) memiliki arti menjunjung batu. Batu So'on berarti Batu menjunjung batu (batu tersusun). Geopark dikelola untuk keperluan konservasi, mengedukasi, dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan dengan keterlibatan aktif dari masyarakat dan pemerintah daerah. Dengan harapan dapat digunakan untuk menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi dan lingkungan sekitarnya. Batu So'on Solor Cermee Bondowoso ini mirip sekali dengan Stonehange di Inggris.

Wisata Batu So'on ini juga merupakan situs sejarah warisan dunia yang saat ini sedang diusulkan ke UNESCO Global Geopark (UGG) untuk mendapatkan pengakuan dunia internasional. Dokumen pengajuannya sedang masuk tahap verifikasi. Geopark dikelola untuk keperluan konservasi, mengedukasi, dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan dengan keterlibatan aktif dari masyarakat dan pemerintah aerah. Sehingga hal itu dapat digunakan untuk menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi dan lingkungan sekitarnya.

Kelelahan siswa siswi SMP MUTU Bondowoso terbayar setelah mendapatkan pemandangan yang luar biasa di sekitar Batu So'on yang tidak semata-mata menyajikan susunan batu-batu megalitikum. Selain dapat belajar sejarah mereka asyik berwisata alam di daerahnya sendiri. Mereka lebih mengenal, lebih dekat dan dapat mencintai daerahnya sendiri. Bondowoso memang tidak memiliki wisata laut dan belum memiliki wisata modern tetapi Bondowoso memiliki wisata yang luar biasa hebat yang beberapa diantaranya telah di akui dunia sebagai cagar budaya warisan dunia.

Kegiatan Wisata siswa kelas 9 SMP MUTU Bondowoso, dilanjutkan ke daerah wisata Tirta Agung kecamatan Sukosari kabupaten Bondowoso. Di tempat wisata ini siswa siswi dan bahkan gurunya berenang bersama, bercengkrama dan tak lupa makan bersama sambil menikmati alam sekitar yang menyejukkan pandangan.

Rasa senang dan puas terpancar di raut wajah siswa siswi kelas 9 SMP MUTU Bondowoso beserta Kepala Sekolah dan guru-gurunya, terutama di Batu So''on. Ayo semua berkarya wisata di daerah sendiri. Kita bisa, Ijen Geopark Bondowoso Bisa!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportase keren

18 Jun
Balas

Terimakasih

30 Jun

Alhamdulillah, betambah imu tentang tempat wisata. kebetulan kota tetangga ini bapak. Terimakasih dan sukses selalu

16 Jun
Balas

Monggo berwisata

30 Jun



search

New Post