BANGUN PRACOYO

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Guru Berprestasi

TANTANGAN MENULIS 365 HARI

Hari kedua puluh empat

Guru Berprestasi

Guru berprestasi adalah guru yang mempu mengembangkan potensi siswa sehingga berprestasi sesuai bakat dan minatnya. Guru yang demikian juga mengembangkan dirinya. Tidak malas untuk selalu belajar dan berlatih. Mengikuti berbagai kegiatan yang berguna untuk peningkatan kompetensinya. Mampu mengatur waktu secara efektif sehingga setiap kegiatan dilaksanakan dengan maksimal.

Memang guru berprestasi harus memiliki energi yang lebih dibanding guru yang lain. Guru biasa hanya mengurus dirinya sendiri. Kurang peduli terhadap tumbuh kembang siswa. Tidak berusaha mengenali karakter setiap siswanya. Tidak memahami potensi masing-masing siswa. Pembelajaran diberikan secara klasikal. Yang penting tuntutan kurikulum telah dilaksanakan. Penilaian secukupnya. Berbeda dengan guru berprestasi yang bersedia melakukan banyak kegiatan yang dipercayakan padanya.

Tugas- tugas tambahan biasanya dipercayakan pada guru terbaik. Kepala sekolah telah mengetahui bahwa guru terbaik ini telah banyak tugas tambahan yang dibebankan kepadanya. Namun, tetap saja bila ada tugas baru kembali diberikan kepada guru terbaik tersebut. Pimpinan percaya walaupun tugas sudah banyak pasti tetap akan berhasil juga. Dia yakin guru tersebut mampu membagi waktu dengan efektif.

Bagi guru terbaik ini dianggap sebagai media untuk belajar. Belajar mengerjakan tugas yang banyak dalam waktu bersamaan. Belajar menggunakan waktu dengan efektif dan efisien. Belajar menghasilkan kinerja terbaik di bawah tekanan. Kalau berhasil maka guru tersebut telah berhasil melewati satu tahap untuk menjadi guru berprestasi. Berarti guru tersebut telah teruji dan berhasil berprestasi di sekolah tersebut.

Dia telah berprestasi membuat para siswanya berprestasi pada bidang akademik maupun nonakademik. Berprestasi menyelesaikan tugas yang bermacam-macam dalam waktu hampir bersamaan. Yang paling utama telah mendidik menjadi siswa yang berkarakter mulia. Para siswa juga berkembang sesuai bakat dan minatnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yang berat membuat siswa berprestasi sesuai bakat menjadi juara perlombaan.

09 May
Balas

Yang berat membuat siswa berprestasi sesuai bakat menjadi juara perlombaan.

09 May
Balas



search

New Post