Bani Chajar

Guru fisika SMA 2 Semarang. Memiliki minat menulis dan hobi badminton. Sesekali suka travelling....

Selengkapnya
Navigasi Web
Lakukan (Saja) Sekarang

Lakukan (Saja) Sekarang

Lebih baik mencari dan menyalakan lilin ketika kegelapan melanda, daripada hanya marah-marah dan memaki kegelapan.

Ungkapan yang sering kita dengar namun tidak terlalu sering atau bahkan jarang kita lakukan.. Ketika terjadi kecelakaan atau musibah, seringkali kita terpaku pada sebab kenapa semua bisa terjadi. Memang tidak salah, karena dengan melihat sebab musabab kita bisa menelusuri alur proses musibah terjadi dan menemukan benang merah peristiwa tersebut. Dan selanjutnya kita menjadi berhati-hati dan waspada.

Sebetulnya langkah belajar dari pengalaman tidaklah berhenti sampai disitu. Setelah peristiwa terjadi kita harus berbuat apa, itu jauh lebih penting. Bagaimana kita menyikapinya, langkah apa yang harus dilakukan, sampai efek yang harus diterima dari peristiwa tersebut, semua butuh penanganan yang tepat.

Kadang karena peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba, kita tidak siap dan lebih cenderung terkejut lalu meratapi sekian lama. Berputar-putar mencari penyebab bagaimana sampai terjadi, tanpa melanjutkan ke langkah berikutnya yang jauh lebih penting : apa yang harus kita lalukan menyikapi peristiwa tersebut. Atau dengan kata lain, bagaimana respon kita ?

Langkah terbaik mestinya kita telusuri penyebab terjadinya peristiwa itu, lalu tentukan penanganan yang tepat sesuai skala prioritas dan karakteristik masalah. Jadi carilah solusi atau pemecahan terbaik. Kemudian lakukan. Kadang pengalaman memberi contoh untuk solusi suatu masalah, meski tidak selalu bisa diterapkan, paling tidak kita bisa belajar dari sana. Pertimbangkan semua aspek terkait masalah, besar-kecilnya resiko jenis penanganan yang dipilih, dan akhirnya : LAKUKAN.

Mungkin tidak serta merta permasalahan selesai, tapi paling tidak kita sudah satu tahap melewati proses penyelesaian. Tinggal kita lihat perkembangan selanjutnya. Dan perlu diingat, ketika kita sudah maju selangkah, jangan surut. Tidak perlu menengok ke belakang. Maju terus, sampai kita berhasil melewati masa-masa sulit dan akhirnya mampu menaklukkan masalah, mengatasi rintangan, menjawab tantangan, dan menyingkirkan hambatan.

Jadi tunggu apalagi,…… just do it now

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post