Basarul Mahmudi (Kampusdesa.or.id)

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
A HEART APPROACH
#NaluriHati

A HEART APPROACH

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang dilahirkan dengan kebutuhan-kebutuhan khusus yang berbeda dari manusia pada umumnya sehingga membutuhkan pelayanan khusus seseorang dengan memiliki hambatan kecerdasan sudah dipastikan bahwa ia adalah penyandang tunagrahita anak dengan tunagrahita memiliki kecenderungan kurang peduli terhadap lingkungannya, baik dalam keluarga ataupun lingkungan sekitarnya. Hambatan keterampilan perilaku adaptif pada peserta didik tunagrahita dapat dilihat pada dua area yaitu:

1. keterampilan menolong diri sendiri (personal living skill).

2. Keterampilan dalam hubungan interpersonal.

banyak cara yang harus kita lakukan dalam proses pendidikan salah satunya model sebuah pendekatan, yaaaa kita harus faham wajah anak dari berbagai latar belakang.

disini saya bersama Doni anak dengan umur 12 tahun yang mengalami kekurangan dalam daya tangkapnya salah satunya keterlambatan dalam memahami apa yang sedang saya berikan.

dengan cara apa kita mampu mendidiknya, tentunya sangat berbeda dong antara Doni dengan Si tomi atau Si Ilham, dengan ini sebagai pengajar merupakan sebuah tantangan tersendiri.

apa yang saya lakukan dalam proses pendidikannya, yuck simak cerita inspirasi ini!!!!!!!!!!!!!!!

Humanistik adalah salah satu pendekatan atau aliran dari psikologi yang menekankan kehendak bebas, pertumbuhan pribadi, kegembiraan, kemampuan untuk pulih kembali setelah mengalami ketidakbahagiaan, serta keberhasilan dalam merealisasikan potensi pada diri mereka sendiri.

disini kita harus membuat anak bahagia dengan kita, karna itu modal awal rasa nyaman proses pembelajaran, bisa membuat tersenyum dan salah satunya anak mampu berbicara dengan kita.

yang kedua fahami apa yang mereka suka, mulai dari kebiasaan dirumah atau kegiatan dirumah, seperti halnya Doni suka memancing namun kata-kata atau tulisan MEMANCING dia tidak bisa menulis apa yang selama ini dia kerjakan.

dengan ungkapan itu kita mulai proses pendidikan dari hal kecil nama benda yang dia kerjakan.

pancing.......gunanya untuk memancing

benang.........di sambung ke pancing untuk digunakan saat memancing

ikan..............hasil yang sudah didapatkan

dengan itu kita sudah melakukan proses pembelajaran karna dengan itu kita sudah melakukan sebuah metode pembelajaran khsus yang namanya "pengembangan diri"

gimana sudah ada bayangan kann.,.

nama yang harus kita lakukan lebih awal.

jangan terlalu memacu terhadap kurikulum, karna proses pembelajaran pada setiap anak berbeda daya tangkapnya.

terima kasih semoga bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bapak mengajar di SLB ? Luar biasa sehat selalu dan semoga diberi kesehatan dan kekuatan dalam mendidik siswa. Salam literasi

25 Feb
Balas



search

New Post