Bekti Dwi Hastuti

Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1Grogol, Sukoharjo...

Selengkapnya
Navigasi Web

DARI BERARTI MENUJU MENSYUKURI

Cita-cita, harapan, slogan, prinsip hidup, atau apapun namanya, menjadi tak penting dan tak berarti lagi jika tanpa realisasi. Nol semuanya. Supaya kelihatan ingin menjadi berarti, selalu menghiasi setiap ucapan atau status medsosnya. "Aku ingin menjadi orang yang berarti. Hidup akan berarti jika aku berguna bagi orang lain." Mana makna kata berartinya jika tetap tak tergerak hatinya di saat orang lain merintih inginkan uluran tangannya? Semua akhirnya sebatas kata ingin dan ingin karena memang hatinya yang paling dalam tak ada niat untuk mewujudkannya. Sebenarnya mudah dan hal biasa jika mereka yang sedang diberi kelapangan itu memberi arti untuk yang membutuhkan. Tapi akan menjadi sesuatu yang luar biasa dan benar-benar berarti jika mereka yang sedang dalam kesempitan selalu mau berbagi. Tuhan telah membagi nikmat-Nya secara adil untuk setiap hamba-Nya. Tak ada yang salah dengan setiap pembagian-Nya. Yang salah adalah mereka yang masih merasa Tuhan tidak adil untuk dirinya. Saat orang lain bergelimang gemerlap duniawi, ia merasa menjadi hamba yang paling hina dan menderita. Tuhan tak pernah salah dengan takdir-Nya. Yang salah adalah mereka yang masih belum bisa menerima setiap takdir yang menjadi jatahnya. Yang masih membanding-bandingkan takaran dan bentuknya. Yang salah adalah mereka yang belum bisa bersyukur akan setiap yang diterima adalah sesuatu yang pas untuk dirinya menurut Tuhan, bukan menurut dirinya. Yang salah adalah mereka yang belum ikhlas menerima setiap yang tidak menyenangkan. Lalu, bagaimana seharusnya supaya kita tak menjadi seperti mereka yang salah itu? Kita harus mensyukuri apapun yang telah diberikan Tuhan, baik yang sangat maupun kurang menyenangkan sebagai sesuatu yang benar-benar pantas untuk kita syukuri. Rasakan setiap kepahitan menjadi sesuatu yang luar biasa manisnya. Rasakan setiap kegetiran menjadi sesuatu rasa baru yang membuat ketagihan. Rasakan setiap air mata menjadi sesuatu butiran yang luar biasa menyejukkan. Jadikan setiap tangisan menjadi senyuman yang luar biasa menawan. Memang sulit untuk awalnya, tapi menjadi mudah jika kita membiasakan untuk selalu ikhlas dan bersyukur. Alhamdulillah Yaa Allah atas semua nikmat-Mu. Jadikanlah aku ahli bersyukur karena aku yakin Engkaulah yang tepat dan tahu apa yang pas untukku. Selamat malam semua. Selamat memulai mensyukuri apapun yang telah menjadi bagian kita. Mohon ide untuk judul ini kok rasanya kurang pas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post