Berta Niken D, S.Pd.SD., M.Pd

Berta Niken Dianingrum, S.Pd.SD., M.Pd adalah Guru di SDN 1 Pringsewu Barat Kab.Pringsewu Lampung. Pendidikan terakhir Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan di Uni...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ribuan Guru Hadiri Puncak Peringatan HUT Guru dan PGRI ke-73

Ribuan Guru Hadiri Puncak Peringatan HUT Guru dan PGRI ke-73

*Ribuan Guru Hadiri Peringatan Puncak HUT Guru Nasional dan PGRI ke-73*

*Guru Siana. id*- Puncak peringatan HUT Guru Nasional dan PGRI ke-73 di laksanakan di GOR Pekan Sari Bogor Jawa Barat (1/12).

Hari yang bersejarah bagi guru ini dihadiri 44. 720 perwakilan guru se Indonesia dari TK sampai perguruan tinggi, serta Mentri Pendidikan dan Presiden Joko Widodo. Puncak Peringatan lDimeriahkan dengan tampilan tari kolosal Kedigjayaan Indonesia dari 1.000 siswa SeKabupaten Bogor dan beberapa tampilan lainya yang sangat menghibur. Tema pada Puncak peringatan kali ini adalah *Meningkatkan Profesionalisme Menuju Pendidikan Abad 21*

44 .720 guru hadir dari TK sampai perguruan tinggi.

Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyid Mengatakan, ini adalah ulang tahun kita bersama, tetap semangat apapun yang kita hadapi sehari- hari dan solidaritas menjadi jiwa guru Indonesia.

Setiap undangan dari PGRI Presiden undangan tidak pernah absen menjadi bukti Presiden perhatian tehadap guru.

PGRI lahir sebagai wujud perjuangan Bangsa Indonesia. Kegiatan untuk mempetingati HUT antara lain :

upcara bendera, simposium guru, pelatihan guru di 3T, festival guru menulis, talk show bersama, rangkaian olahraga dan seni, penghimpunan donasi saudara bencana alam sukarela baik sumbangan berupa uang maupun tenaga pengajar dan pembangunan rumah2 guru dan masyarakat di daerah bencana dan lainya.

Guru Indonesia diharap terpanggil untuk melakukan kegiatan transformatif dan edukatif sebagai bukti bakti guru terhadap Negeri, tambah Unifah.

Pengangkatan guru yang sulit dan berbelit, sertifikasi yg sering tersendat untuk menjadi perhatian dan penyelesaian masalah diatas, sertifikadi pada triwulan 3 dan 4 banyak yang tertunda,agar administrasi guru disederhanakan,alur pemberian sertifikasi disederhanakan, perhatian guru swasta dan honorer, tegas Unifah.

Unifah juga berpesan agar perjuangan PGRI sebagai mitra pemerintah senantiasa dilakukan dengan memperhatikan etika dan moral.

Pada kesempatan ini diserahkan juga Penghargaan Untuk Guru berdedikasi dan juara Festival guru menulis PGRI 2018 oleh Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ketum PB PGRI.

Pada peringatan ini juga dibacakan deklarasi guru Indonesia sebagai organisasi profesi untuk turut serta mengukuhkan kemajuan Bangsa dan negara

1.Setia kepada Negara indonesia.

2. Bertekat menjadikan PGRI dan semua unsur sebagai kekuatan intektual Bangsa

3.Bertekat menjadikan PGRI sebagai wadah pemuda yang bertekat juang menghormati kebhinekaan berdasarkan akal pikiran yang jujur.

4.Bertekat berkomitmen menjadikan guru sebagai figur toleran terhadap bangsa dan negara.

Dalam sambutanya Presiden mengatakan

bangga dapat merayarakan HUT Guru dan PGRI ke -73 ini selamat hari guru nasional dan PGRI ke 73 ucap Presiden. Dalam RAPBN 2019 Pemerintah menggeser pembangunan dari program infrastruktur menjadi program pembangunan SDM. Guru harus mampu memanfaatkan peluang yg ada. Peran guru menjadi agen-agen tranformasif dalam membangun talenta-talenta anak bangsa. Guru memegang peran sentral dalam pendidikan abad 21 yang masuk ke dunia Virtual sehingg peran guru dituntut lebih kreatif dan menarik. Guru tidak dapat terganti oleh mesin. Guru yang membangun kreatifitas dan mengokohkan persatuan dan kesatuan indonesia , ujar Presiden.

Secara bertahap pemerintah akan merekrut guru yang tentunya disesuikan dgn APBN . Dalan perekrutan ASN 2018 kuota guru sebanyak 114.000 orang. Pemerintah juga mendorong PP No 49 tahun 2018 tetang Pegawai dengan Perjanjian Kerja bagi yang melampaui usia maksimal degan hak yang sama dengan ASN. Presiden juga mengundang pengurus PB PGRI ke Istana Negara untuk membicarakan masalah- masalah yang berkaitan dengan guru.

Janji Presiden sejak tahun lalu untuk mengawal guru terus ditindak lanjuti. Guru mempunyai pekerjaan yang berat sehingga jangan dibebani dengan administrasi yang sulit dan memberatkan. Birokrasi agar tidak berbelit dan diawasi terus supaya berjalan cepat dan sederhana, tandas Presiden.

Eko Perwakilan dari PC PGRI Kota Malang sangat senang dapat menghadiri peringatan HUT PGRI ini karena dapat bertemu dengan guru- guru seluruh Nusantara dan mendengarkan pidato Presiden secara langsung. (*BND)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post