Berta Niken D, S.Pd.SD., M.Pd

Berta Niken Dianingrum, S.Pd.SD., M.Pd adalah Guru di SDN 1 Pringsewu Barat Kab.Pringsewu Lampung. Pendidikan terakhir Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan di Uni...

Selengkapnya
Navigasi Web
TIPS AMAN  MENGGUNAKAN  ZOOM MEETING

TIPS AMAN MENGGUNAKAN ZOOM MEETING

gurusiana.id_Pringsewu, Corona Virus Disease-19 atau lebih dikenal dengan Covid-19 Beberapa waktu belakangan, memunculkan banyak kebijakan baru. Upaya ini dilakukan untuk memutus rantai Covid-19. Salah satu kebijakan tersebut adalah Psyscal Distancing atau pun Social Distancing, yang membuat masyarakat untuk melakukan pertemuan secara Virtual.

Saat ini sebuah aplikasi video call bernama zoom sedang marak digunakan diberbagai pertemuan virtual. Zoom kini hadir sebagai aplikasi video conference yang paling populer. Zoom pun menjadi pilihan karena mudah digunakan, praktis dan gratis.

Pada Zoom meeting ada hal yang perlu diwaspadai yaitu adanya zoombombing. zoombombing adalah ditemukanya orang yang tak diundang menghadiri rapat online/ virtual dan mengacau dengan ujaran kebencian, pornografi dan lainnya.

Dengan berbagai pertimbangan di atas, dianjurkan jika menggunakan Zoom untuk video call, usahakan kamera dan mikrofon dimatikan saat tidak berbicara. Jika kamera mesti dihidupkan maka dianjurkan peserta menggunakan latar khusus saat melakukan zoom meeting. Hal ini dilakukan agar Peserta Zoom meeting lain tidak bisa melihat seisi rumah atau lokasi yang digunakan.

Gunakan Fitur ganti background di Zoom, fitur tersebut tidak hanya digunakan untuk membuat tampilan menjadi lebih menarik dan lucu. Penggantian background ini dengan gambar lain agar lokasi tempat tinggal tidak terdeteksi dengan mudah.

Demi privacy lebih aman, saat mendaftarkan diri, buatlah dengan alamat email unik yang khusus untuk Aplikasi Zoom. Hal ini untuk menghindari kemungkinan cookies atau penyalahgunaan data.

Hal yang tidak kalah penting adalah Jangan membagikan tautan sembarangan.Bagikan tautan rapat, ID, dan password hanya kepada orang-orang yang akan mengikuti pertemuan atau mengikuti video conference bersama anda, untuk mencegah orang yang tidak bertanggung jawab ikut serta dalam kegiatan pertemuan Virtual di Zoom meeting.

Selamat mengadakan pertemuan Virtual, Pandemi tidak menjadi penghalang untuk berinteraksi gunakan aplikasi secara bijak dan cerdas, semoga kegiatan berjalan lancar dan menghasilkan hal yang baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post