Bertiani Niul

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Peningkatan perkembangan mengenal huruf anak melalui media kartu huruf pada kelompok B

Abstraksi

Pengenalan huruf bagi anak kelompok B merupakan tugas yang harus dilakukan dan diberikan kepada anak sebagai persiapan mereka memasuki jenjang SD. dalam mengenal huruf pada seorang guru harus mempersiapkan suatu cara yang dapat menarik minat anak agar dapat diajak untuk belajar. 

Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B TK TERANG KRISTUS II POMAKO KAB.MIMIKA melalui media kartu huruf. Subjek observasi ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil observasi menunjukan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf pada siswa TK Terang Kristus II Pomako kelompok B setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf, yang awalnya berada pada persentase sebesar 40% menjadi 80%. Dengan demikian penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran mengenal huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B TK Terang Kristus II Pomako. Kata kunci: kemampuan mengenal huruf, media kartu huruf.

1. Pendahuluan

    Dalam Undang-Undang Dasar 1945, telah memuat mengenai tentang" Mencerdaskan Kehidupan Bangsa", hal ini merupakan keinginan tersebar untuk semua manusia yang berada di muka bumi ini. sang pemberi hidup telah menganugrahkan talenta-talenta kepada setiap manusia diantaranya bakat kecerdasan yang luar biasa. pemerintah telah mengambil langkah untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan mengatur UUD No.20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS pasal 1 butir 14 yang berbunyi : Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut,(Kemendiknas,2009).

      Anak Usia Dini merupakan masa merupakan masa yang paling optimal untuk berkembang. pada masa ini anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan melakukan apa saja untuk memenuhi rasa ingin tahunya. selain itu seara naluri mereka aktif bergerak, maka akan menuju kemana saja sesuai dengan minat dan kemauannya(Sri Mulyani, 2012:2)

     Penggunaan kosakata dan kemampuan berbicara diperoleh dari interaksi anak dengan orang-orang disekitarnya. teman sebaya merupakan agen penting bagi anak untuk mengembangkan kemampuan bahasanya yang pada umumnya didapat melalui kegiatan bermain. bermain bersama -sama dengan teman akan memberikan kesempatan pada anak untuk berkomunikasi satu sama lain, kosa kata serta pengetahuan dapat ia peroleh dari teman bermainnya.,(Rini Hildayani,dkk.2011:4.11).

      sebelum anak siap untuk mengembangkan keterampilan bahasa dan memulai belajar membaca, guru dapat membantu mereka untuk menyadari secara umum adanya huruf dan kata-kata yang tertulis dan menggunaknya dalam semua situasi. kartu huruf adalah media visual yang merupakan bagian dari media yang sederhana. pengertian kartu adalah kertas tebal berbentuk persegi panjang. penggunaan kartu huruf sangat cocok dengan karakteristik anak usia dini yang nootabene masih anak-anak(Latuheru, John D, 1983:25).

2. Metode Penelitian

    a. Rancangan PenelitianPenelitian dilakukan Penelitian dilakukan pada kelompok B dengan jumlah siswa 20

orang. Terdiri dari 9 orang , 11 perempuan. Penelitian ini dilakukan 2

siklus :

Siklus 1 : dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2022 dengan tema Aku

dan subtema Diri Sendiri. 

Siklus II : dilaksanakan pada tanggal 1 November 2022 dengan tema Aku

dan sub tema panca indra.

Tempat dan subyek Penelitian

Penelitian dilaksnakan di TK YPPK Terang Kristus II Pomako, terletak

di jalan Poros Timika – Pomako,Kampung Pomako Distrik Mimika

Timur. Penelitian dilakukan di kelompok B, dengan jumlah siswa 20

siswa, laki-laki 9 orang dan perempuan 11 0rang.

3.3 Prosedur Penelitian

Pengumpulan data merupakan hal pokok dalam mengadakan suatu

penelitian, sehingga untuk memperoleh data yang dibutuhkan

peneliti maka harus melakukan prosedur penelitian yang sudah

ditentukan. Adapaun langkah-langkah dalam melakukan penelitian

ini sebagai berikut : 

1. Perencanaan: 

    a. Memilih masalah, yaitu merupakan suatu langkah awal dari  

        suatu kegiatan penelitian. 

b. Melakukan studi pendahuluan untuk mendapatkan gambaran 

awal mengenai subjek yang akan diteliti.

c. Peneliti menyiapkan RPPH dengan indicator menyebutkan

symbol-simbol huruf vokal dan konsonan dan membuat alat

peraga yang berkaitan dengan topik Diri Sendiri. Guru juga

menyiapkan alat penilaian, lembar observasi  serta media

kegiatan pembelajaran bermain dengan kartu huruf.

2.Pelaksanaan :

    Dalam kegiatan pelaksaaannya, Langkah-langkah yang harus

  disiapkan guru antara lain:

- Guru menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah mengenal

abjad, mengenal huruf vokal dan konsonan.

- Guru bersama anak menyanyikan lagu mengenal huruf a- z

3. Pengamatan : peneliti bertugas mengamati  dan mencatat

selama kegiatan. Adapun alat yang digu

c. Pembahasan dari hasil penelitian

d. kesimpulan

e. daftar pustaka

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post