Kegiatan ke 3
Tantangan Hari Ke-3
#TantanganGurusiana
Penulis :Betria Novianti
Membuat bentu Makanan dari Dedaunan
Setiap hari anak melakukan pembiasan di rumah didampingi oleh orangtua dan melaporkan kegiatan anak-anaknya kepada guru, bagi orangtua yang mempunyai Wa dengan Wa grup saja, dan bagi yang tidak ada cukup dengan menyapaikan kepada guru ketika datang kesekolah.
Allah SWT menghargai usaha orangtua untuk mendidik anaknya dirumah walaupun dengan hati kesal, marah jengkel terhadap anak di rumah. Harus bagaimana lagi, anak belum boleh belajar tatap muka di sekolah karena daerah kita masih zona kuning. Daerah kami masih belajar jarak jauh belum boleh pergi kesekolah, itupun TK Kurnia Illahi orangtua datang kesekolah dalam satu sif hanya 5 orang bolehnya, disini kami membuka 4 sif saja satu hari.
Pada hari ini orangtua tidak perlu datang kesekolah untuk mengambil tugas anaknya. Bahan-bahan tugasnya ada semua di lingkungan sekitar rumah, kita belajar tentang makanan yaitu membuat mie dari dedaunan. Bahan yang di gunakan yaitu daun pisang, kulit jagung cukup menggunakan gunting saja.
Daun pisang di gunting menjadi bentuk piring, dan di gunting bulat kecil-kecil seperti mentimun, kulit jagung di sobek-sobek bentuk panjang-panjang sesuai dengan garisnya. Sehingga menjadi tumpukkan mie di atas piring.
Pembelajaran anak kita bisa memanfaatkan tanaman-tanaman yang ada di lingkungan tempat tinggal, digunakan hanya sebaik-baiknya. Bisa mengembangkan 6 aspek pengembangan yang bisa di capai dalam kegiatan mebuat mie ini yaitu:
1. Nilai agama dan moral (kd1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
2. Nilai Sosial emosional (kd 2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri )
3.Nilai Bahasa (kd 3.10-4.10, indikator Bahasa 2 Melaksanakan perintah yang lebih komplek sesuai dengan aturan )
4. Nilai Kognitif (kd 4.6-4.6, indikator kog 3.6 Mengidentifikasi berbagai bemda berdasarkan tesktur seperti kuli jagung dan daun pisang)
5. Nilai kognitif (kd 3.8-4.8, Indikator Kog 14 Mengungkapkan hasil karya yang dibuatnya secara lengkap/utuh yang berhubungan denan benda-benda yang ada di lingkungan alam )
6. Nilai Fisik Motorik (kd 3.3-4.3, indikator Fm 4 Berlatih terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktivitas seperti menggunting daun pisang menjadi bentuk piring)
7. Nilai Seni (kd 3.15-4.15, indikator Sn 2 Membuat karya seni visual sesuai kreativitanya )
Dimana 6 aspek inilah yang akan dinilai oleh guru yang dilaporkan oleh orangtua setiap kegiatannya. setiap kegiatan anak akan berbeda-beda setiap minngunya, begitu juga dengan penilaian pengembanganya akan berganti ganti terus. Penialain akan dilakuka setiap hasil kegiatan anak, mereka akan mendapat nilai berbeda-beda setiap anaknya.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar