PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN SMARTPHONE
A. PENDAHULUAN
Disamping buku teks pelajaran yang tidak mencukupi, sesuai dengan Peraturan Menteri guru tidak diperkenankan menjual buku teks pelajaran dan buku-buku pendamping langsung ke siswa.
Berdasarkan pertimbangan skala prioritas dan waktu maka penulis memfokuskan untuk mengatasi permasalahan yang terkait dengan keterbatasan buku teks pelajaran mata pelajaran fisika, dengan cara pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet melalui wifi sekolah dengan menggunakan smartphone atau laptop untuk memahamkan siswa tentang fisika.
Pembelajaran menggunakan smartphone merupakan pembelajaran yang pelaksanaannya memanfaatkan jaringan internet dan jasa teknologi seperti telepon, audio, videotape, transmisi satelit atau komputer. Penggunaan smartphone berpengaruh terhadap tugas guru dalam proses pembelajaran. Smartphone dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika dengan menyenangkan.
B. PERANCANGAN INOVASI PEMBELAJARAN
1. Strategi Pembelajaran Fisika
Supaya proses pembelajaran fisika berlangsung dengan baik maka diperlukan strategi pembelajaran jitu. Strategi berkaitan dengan cara-cara yang dipilih dalam menentukan ruang lingkup, urutan bahasan kegiatan dan sebagainya untuk menyampaikan bahasan fisika adalah kegiatan yang dipilih pengajar dalam proses pembelajaran fisika yang dapat memberikan fasilitas belajar sehingga memperlancar tujuan belajar fisika.
Dengan cara mengakses jaringan smartphone yang telah ditetapkan siswa dan guru tidak perlu hadir secara fisik di kelas (classroom meeting), karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian secara online. Siswa juga dapat belajar bekerjasama (collaborative) satu sama lain. Mereka dapat saling berkirim e-mail (electronic mail) untuk mendiskusikan bahan ajar. Selain mengerjakan tugas-tugas pembelajaran dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru, siswa dapat berkomunikasi dengan teman sekelasnya (classmaters).
2. Perangkat Teknologi dan Aplikasi yang Digunakan
Pembelajaran fisika dengan menggunakan smartphone sangat mendukung pendekatan konstruktivisme, yang menitikberatkan guru sebagai fasilitator, dan dapat dilaksanakan baik secara klasikal, kelompok maupun individual.
Dalam pembelajaran fisika menggunakan fasilitas jaringan internet di sekolah/wifi atau di rumah ini beberapa perangkat yang harus tersedia adalah: Laptop, Smartphone, Modem, dan Wifi/Internet.
3. Metode Pembelajaran Dengan Quipper School
Pembelajaran fisika menggunakan smartphone bagi guru diperlukan persiapan yang matang, karena berbeda dengan metode ceramah atau eksperimen yang sudah biasa dilakukan oleh seorang guru fisika.
Beberapa langkah pelaksanaan pembelajaran menggunakan smartphone :
Guru memberikan informasi tentang caranya mengakses internet melalui wifi sekolah, atau paketan kartu smartphone siswa, kemudian mencari layanan e-learning gratis seperti quipper school, edmodo dan lain-lain. Siswa dengan dibimbing guru untuk dapat mengambil kesimpulan terhadap materi yang didiskusikan, dan mencatat hasil diskusi.
Quipper School menyediakan materi pelajaran dan soal, bapak/ibu guru juga dapat:
Memantau kegiatan belajar para siswa (nilai tugas/PR siswa). Melihat analisa data/grafik perkembangan siswa. Melihat analisa topik mana yang sudah atau belum dikuasai oleh siswa. Mengirimkan pesan pribadi/menanggapi pertanyaan siswa. Membuat pengumuman untuk siswa. Mencetak (print) hasil nilai siswa
C. PELAJARAN YANG DIPEROLEH (LESSON LEARNED)
1. Hasil yang Diperoleh dari Pembelajaran
Setelah menggunakan smartphone, hasil yang diperoleh dari pembelajaran tersebut adalah siswa mengalami peningkatan motivasi belajar dikarenakan:
1. Melalui e-learning gratis siswa dapat berkomunikasi lewat pesan ke sesama siswa dikelasnya secara gratis pula.
2. Lewat playstore di smartphone siswa dapat mengunduh aplikasi latihan UN dan SBMPTN secara gratis pula dalam rangka menyiapkan Ujian Nasional dengan CBT (Computer Based Test).
3. Nilai pembelajaran fisika menjadi meningkat, dan siswa lebih aktif.
2. Keuntungan Dalam Pembelajaran/Pendidikan
Setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan smartphone ternyata terdapat beberapa pengaruh/dampak yang positif pada belajar siswa. Berikut ini beberapa keunggulan menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran :
1. Peserta didik dapat memperkaya materi yang ada dengan melakukan pencarian menggunakan Smartphone untuk mapel yang lain.
2. Siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan dimana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan dalam smartphone.
3. Relatif lebih efisien karena dapat di akses dimana saja.
#InternetPendidikan #MediaGuru #Indosat
DOKUMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar