Hati-hati dalam Melangkah
Setiap langkah dalam Panduan Guru untuk Gerakan Membaca 15 menit harus dibaca dengan hati-hati, agar setiap langkah dapat kita terapkan bagi peserta didik kita.
Pada tulisan ke 21 telah diuraikan dari langkah ke 1 sampai dengan langkah ke 3. Dan untuk tulisan hari ke 22 akan diuraikan lagi langkah ke 4 hingga langkah ke 7 antara lain :
Langkah 4 : Cara Membaca di Kelas
Peserta didik membaca dengan suara lantang (resitasi) maupun menyimak (membaca dalam hati). Guru bisa meminta peserta didik membaca secara bergiliran, bisa satu per satu, bisa berurutan per paragraf untuk membaca dengan suara lantang bermanfaat untuk memeriksa apakah pengucapan bacaan peserta didik sudah benar atau belum (koreksi bacaan).
Bila sumber bacaan adalah pilihan peserta didik sehingga setiap peserta didik membaca buku yang berbeda, guru memberi kesempatan membaca individual selama 5 menit, kemudian guru meminta salah seorang peserta didik membaca buku yang sedang dibacanya pada hari itu selama 5 menit. Tujuan pembaca lantang ini sama, yaitu untuk mengoreksi bila ada salah pengucapan dan kelas mampu mendengar kisah dalam bacaan yang dibacanya.
Langkah 5 : Guru Menjadi Fasilitator Pemahaman Nilai
Setelah peserta didik membaca 5-7 menit, guru mengajak peserta didik untuk membahas dan mendiskusikan isi bacaan dan mengajak peserta didik untuk memahami bacaan dan mendiskusikan nilai-nilai apa yang terkandung di dalam bacaan tersebut.
Langkah 6 : Fokus pada Implementasi Nilai dalam Kehidupan Sehari-hari
Setelah memahami isi, guru mengajak peserta didik untuk menemukan dan mencari apa saja perilaku sikap yang ada di dalam bacaan yang bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Lanfkah 7 : Memperkuat Pesan Nilai
Guru mengajak peseeta didik menyimpulkan apa isi bacaan, terutama pelajaran nilai apa yang hari itu mereka temukan dalam bacaan yang dibahas. Guru mengarahkan peserta didik pada pemahaman nilai-nilai moral yang benar dan mengafirmasi berbagai kegiatan yang menjadi wujud dari nilai-nilai moral dalam bacaam dalam kehidupan sehari-hari.
(Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter KEMDIKBUD RI - 2016)
#Harike22
#TantanganGurusiana
#Tantangan30HariMenulis
#Alhamdilillah
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar