Merdekakan Imajinasi Anak Didik
Merdekakan Imajinasi Anak Didik
Pembelajaran yang menyenangkan adalah pembelajaran yang diharapkan dan dinantikan peserta didik. Setiap anak didik masuk ke kelas dengan harapan dapat membawa pulang keterampilan yang dipelajarinya hari ini. Begitu juga dengan harapan orang tua. Orang tua di sekolah adalah guru yang selalu membimbing dan memotivasi anak didik agar tidak jenuh menerima pelajaran yang akan diberikan hari demi hari. Dalam hal ini guru memerlukan pendekatan atau model pembelajaran yang dapat diminati oleh anak didik. Sebelum memulai pelajaran merdekakan dulu pikiran anak didik dengan beberapa pertanyaan yang dapat merangsang otak kiri dan kanannya agar selalu berkembang. Buat kelas senyaman mungkin dengan bermain sambil belajar.
Pendekatan antara guru dengan anak didik harus lebih diberikan, agar anak didik tidak merasa tertekan dan terpaksa menerima pelajaran. Setelah anak didik merasa nyaman barulah guru memberikan pelajaran untuk dapat dibahas dan dilakukan pengalaman-pengalaman belajar yang dikaitkan dengan muatan pelajaran dan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaranlah yang menjadi perioritas utama dalam kegiatan belajar mengajar. Pengalaman-pengalaman belajar diharapkan dapat tercipta dari proses belajar mengajar.
Merdekakan proses belajar mengajar dengan membuat pembelajaran yang menghasilkan suatu produk. Dengan melakukan penelitian dari proses percobaan yang dilakukaan siswa dalam kelompok kerja. Setiap kelompok melakukan percobaan yang berdasar pada tujuan pembelajaran. Contoh yang pernah dilakukan adalah dalam percobaan yang telah dilakukan adalah dalam pembuatan termometer sederhana. Sebelum percobaan dilakukan siswa diarahkan untuk menyediakan bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat termometer sederhana. Contoh materi yang saya ambil adalah :
Kelas /Semester : V/2 (dua )
Tema 7 : Peristiwa dalam Kehidupan
Sub tema 1 : Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
Pembelajaran ke : 2
Tujuan Pembelajaran :
Dengan melakukan percobaan tentang cara kerja termometer, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertanggung jawab. Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan percobaan,siswa mampu membuat laporan tentang perubahan suhu akibat perpindahan kalor secara tepat.
Pada percobaan kali ini, termometer menggunakan air untuk mengukur suhu benda, seperti dilakukan Galileo Galilei. Untuk mengetahui cara kerja termometer air kita perlu melalukan percobaan agar mendapatkan hasilnya. Kita terlebih dahulu mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
Alat dan Bahan
a. Air
b. Pewarna makanan
c. Botol kecil
d. Sedotan bening
e. Lilin mainan/plastisin/tanah liat
f. Kain hangat
Langkah Percobaan
1. Tuang sedikit air yang telah diberi beberapa tetes pewarna makanan ke dalam botol.
2. Tandai batas atas permukaan air dalam botol dengan menggunakan spidol
3. Masukkan sedotan sehingga menyentuh permukaan air dalam botol
4. Tutup dengan rapat sekeliling ujung lubang leher botol dengan plastisin atau tanah liat sehingga tidak ada udara yang bisa masuk ke dalam botol.
5. Tempelkan kain hangat pada botol dan perhatikan baik-baik.
6. Tandai dengan spidol batas permukaan air di dalam botol setelah botol ditempel kain hangat.
Dari materi yang diberikan, peserta didik dapat mengembangkan imajinasinya dengan melakukan langkah-langkah percobaan yang diberikan. Untuk mengetahui hasilnya kita dapat memperhatikan apakah peserta didik dapat memahami langkah-langkah yang diberikan. Dari sini kita dapat mengetahui pemahaman literasi baca tulis anak didik. Apakah ia dapat melakukan percobaan itu dengan benar. Apabila mereka dapat memahami arahan yang diberikan, pastilah percobaan itu akan berhasil dan apabila pemahaman literasi baca tulisnya masih kurang tentulah hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.
Dari kegiatan di atas, kita dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami tujuan pembelajaran, dengan memberikan beberapa pertanyaan untuk dijawab siswa.
Pertanyaannya sebagai berikut :
1. Mengapa air di dalam botol dapat naik ? Jelaskan !
2. Adakah peristiwa perpindahan panas pada percobaan tersebut ? Jelaskan !
3. Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan di atas ?
Dengan melakukan proses belajar mengajar tersebut pesera didik dapat mengembangkan imajinasinya dalam suatu penelitian berupa percobaan. Dan pengalaman yang diharapkan adalah peserta didik dapat melakukan percobaan tentang cara kerja termometer, menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertanggung jawab. Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan percobaan,siswa mampu membuat laporan tentang perubahan suhu akibat perpindahan kalor secara tepat.
Kita juga telah melakukan proses merdeka belajar yang diharapkan yaitu melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi. Dan yang paling penting dan yang paling utama adalah Merdekakan Imajinasi Anak Didik.
#Harike56
#TantanganGurusiana
Sumber : Buku Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar