Binti Moriana

Guru SD Negeri 020259 Binjai (SUMUT),menulis merupakan tantangan yang harus dihadapi bukan dihindari,selalu berlatih agar tulisannya lebih baik lagi,aamiin....

Selengkapnya
Navigasi Web
PPK melalui Pilihan dan Penggunaan Metode Pengajaran

PPK melalui Pilihan dan Penggunaan Metode Pengajaran

Metode pembelajaran yang dianjurkan untuk menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter adalah sebagai berikut :

1. Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning)

Melalui pembajaran ini peaerta didik berlatih bagaimana bekerjasama dengan orang lain untuk menyelesaukan sebuah proyek bersama. Fokus nilai keterampilan yang menjadi sasaran dalam metode pembelajaran kolaboratif adalah kemampuan bekerjasama.

2. Metode Presentase di Depan Kelas (Class Presentation)

Peserta didik diminta untuk mempresentasekan hasil pemikiran tulisan dan kajian di depan kelas. Nilai yang terbentuk dalam model pembelajaran ini adalah rasa percaya diri, kemampuan berkomunikasi dan menyampaikan gagasan, serta kemampuan untuk mempertahankan pendapat dalam berargumentasi.

Bagi peserta didik yang berpresentase, ia akan melatih berargumentasi. Bagi teman sekelas teman-teman akan belajar mengkritisi sebuah argumentasi dengan memberikan argumentasi lain yang lebih rasional dan berdasarkan data. Metode ini akan memperkuat kemampuan untuk berfikir kritis dan mebingkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik.

3. Pembelajaran dengan Metode Penyelesaian Persoalan (Problem Based Learning)

Dalam pembelajaran ini, peserta didik diberikan persoalan dan diberi keleluasaan untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi secara efektif. Fokus pembelajaran ini adalah pembentukan karakter sebagai individu yang memiliki inivasi dan solusi bagi setiap persoalan yang mereka hadapi.

4. Pemanfaatan IT

Dalam pembelajaran peserta didik perlu memanfaatkan IT dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dengan memanfaatka IT ini kemampuan peserta didiik dalam mempergunakan sarana teknologi dan komunikasi ditingkatkan. Fokus pada kegiatan ini adalah Literasi Digital.

5. Metode Ilmiah (Sxientific Method)

Metode pembelajaran ini pada intinya menerapkan tahap-tahap pendekatan ilmiah dalam proses pembelajaran. Proses Pembelajaran dimulai dengan kegiatan mengamati, mengumpulkan data, membuat hipotesis, menguji hipotesis, menaruk kesimpulan, dan menyampaikan hasil penelitian. Fokus pembentukan karakter dalam metode pembelajaran ini adalah berfikir kritis dan logos dengan mempergunakan metode ilmiah yang teruji untuk memajukan ilmu.

6. Berdebat

Peserta didik perlu diberi kesempatan untuk beradu argumentasi dalam sebuah perdebatan yang topiknya dipilih secara aktual untuk memberikan kesempatan pada merekamempertahankann argumentasi secara nalar. Fokus pemguatan pembentukan karakter dalam metode ini adalah kemampuan berfikir kritis, kemampuan berkomunikasi, dan mempengaruhi orang lain melalui tata cara berargumebtasi yang baik.

7. Mengerjakan Proyek Bersama

Dalam proses pembelajaran guru bisa memberi tugas pada peserta didiik untuk membuat proyek bersama lintas mata pelajaran. Metode belajar ini akan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk menghubungkan pengetahuan satu dengan yang lain, meningkatkan kemampuan bekerjasama dan menciptakan sesuatu secara baru melalui pembelajaran gotong-royong.

8. Membuat Karya Tulis

Peserta didiik perlu diajar dan dilatih agar memiliki kemampuan untuk membuat tulisan yang baik, baik dari segi tata bahasa, isi, koherensi, maupun kualitas argumentasi dan gaya penulisan yang beraneka. Keterampilan ini akan membantu mereka memiliki kemampuan tulisan yang sangat dibutuhkan dalam rangka menyebarkan gagasan dan merebut pengaruh bagi perbaikan tatanan kehdupan bersama.

9. Membuat Produk

Setiap proses pembelajaran bisa diarahkan pada produk tertentu sebagai ekspresi dari hasil pemikiran peserta didik. Kegiatan membuat produk akan membantu peserta didik mengembangkan sikap inovasi dan kreasi yang dibutuhkan untuk keberhasilan mereka di masa depan.(Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Kaeakter, Kementerian Pendidiikan dan Kebudayaan RI,2016)

Beberapa metode Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter yang diintegrasikan dalam kurikulum dapat kita terapkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar di kelas kita. Semoga dapat bermanfaat.

#Harike13

#TantanganGurusiana

#Tantangan30HariMenulis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, alhamdulillah nih ada pengayaan tentang metode pengajaran

27 Jan
Balas

Alhamdulillah...moga bermanfaat...makasih bu sudah mampir

29 Jan



search

New Post