Ahmad Fahrizal Aziz

Blogger, tertarik menulis topik Pendidikan dan Literasi. Blog pribadi www.jurnalrasa.my.id, tinggal di Blitar....

Selengkapnya
Navigasi Web
Refreshing Pembelajaran, PKBM Usaha Mandiri dan Perpustakaan Kabupaten Blitar
Suasana pembelajaran di luar kelas, di salah satu area Perpustakaan Daerah Kabupaten Blitar. Dok/panitia

Refreshing Pembelajaran, PKBM Usaha Mandiri dan Perpustakaan Kabupaten Blitar

 

PENDIDIKAN Luar Sekolah (PLS) mungkin masih cukup asing bagi warga Blitar, namun bukan berarti tidak ada, bahkan bisa menjadi "pendidikan alternatif" di samping pendidikan formal klasikal.

Pada hari Minggu, 22 Januari 2023, saya memandu acara Suara Sastra yang hari itu sekaligus menjadi wahana Pendidikan Luar Kelas, Mapel Bahasa Indonesia, PKBM Usaha Mandiri (UM), berlokasi di Perpustakaan Daerah Kabupaten Blitar, Jatilengger, Ponggok.

Sekitar 50 peserta didik hadir untuk agenda kunjungan perpustakaan/library tour, dan berikutnya mengikuti serangkaian acara Suara Sastra berupa pembacaan puisi, bernyanyi dan kultum sastra.

PKBM UM adalah lembaga yang menyelenggarakan Pendidikan Luar Sekolah, yang lebih familiar dengan istilah sekolah penyetaraan atau sekolah paket.

Selama ini, stigma jika sekolah paket hanya untuk mereka yang putus sekolah sebenarnya kurang tepat.

Selain "sekolah paket", PLS adalah alternatif untuk mereka yang memilih tidak mengikuti pendidikan formal di sekolah karena beragam alasan, seperti kesibukan di Pondok Pesantren atau karena menekuni karir tertentu.

Tak sedikit juga Pondok Pesantren yang menjadikan PLS sebagai alternatif pendidikan formal.

Namun tak memungkiri juga jika PLS memang menjadi alternatif sekolah penyetaraan, terutama untuk mereka yang tidak sempat mengenyam pendidikan formal atau putus sekolah.

 

 

Kunjungan peserta didik PKBM UM ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Blitar itu bisa menjadi inspirasi bagi lembaga lain, terutama sekolah formal untuk melakukan hal yang sama.

Kebetulan, setiap 2 minggu sekali, digelar acara bertajuk Suara Sastra, salah satu program GPMB Kabupaten Blitar bersama teman-teman komunitas sastra dan literasi.

Tentu menarik jika setiap dua minggu sekali ada pengunjung yang berbeda, sekolah bisa menjadikan ini sebagai program kunjungan, sekaligus menampilkan satu atau dua muridnya untuk membawakan puisi, bernyanyi atau bakat lainnya sebagai wujud apresiasi seni.

Sekolah bisa menghubungi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar, agar dipersiapkan kunjungan perpustakaan/library tour sebelum acara dimulai.

Tentu ini akan menjadi kegiatan menarik, sekaligus variasi tersendiri untuk program pembelajaran di luar kelas, bisa juga media refreshing akhir pekan yang produktif.

Blitar, 24 Januari 2023

PLS
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

24 Jan
Balas

Terima kasih Bu Risma

24 Jan



search

New Post