BLOG PENDIDIKAN

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom

Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom

Penerapan model flipped classroom dengan memanfaatkan Rumah Belajar meliputi strategi pembelajaran yang terdiri dari 4 komponen utama: Metode, Media, Waktu, dan Evaluasi. Model pembelajaran flipped classroom memungkinkan diterapkannya beberapa metode pembelajaran dalam satu siklus implementasi model. Pendidik dapat mengkombinasikan berbagai metode pembelajaran untuk memastikan peserta didik terlibat aktif di setiap aktivitas pembelajaran. Model pembelajaran flipped classroom mulai diimplementasikan pada saat satu minggu sebelum pembelajaran di kelas dimulai. Berikut cara penerapan model pembelajaran flipped classroom : Aktivitas belajar siswa di rumah : Mempelajari materi berbentuk multimedia atau video pembelajaran yang sudah diberikan oleh guru satu minggu sebelum pembelajaran dilaksanakan. Materi bisa diperoleh siswa melalui email atau akses ke Rumah Belajar. Mempelajari petunjuk praktikkum atau demonstrasi yang diberikan guru satu minggu sebelum pembelajaran praktik atau simulasi di kelas. (Untuk tujuan pembelajaran yang mengarah pada praktik atau demonstrasi) Menyiapkan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang belum dipahami. Pertanyaan dapat diajukan sebelum pembelajaran di kelas, melalui email atau chat group. Aktivitas belajar siswa di kelas : Melakukan diskusi untuk menjawab permasalahan yang diberikan guru. Melakukan demonstrasi atau simulasi atau praktikkum sesuai petunjuk guru. Mempresentasikan hasil diskusi atau hasil praktikkum serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan selama presentasi. Mengerjakan tugas/latihan. Aktivitas Guru di kelas : Mengamati jalannya diskusi setiap kelompok dan aktivitas setiap siswa dalam kelompok tersebut. Memberikan ulasan atau umpan balik pada kelompok yang sudah melakukan demonstrasi, simulasi, atau praktikkum. Memberikan arahan pada kelompok yang sedang presentasi. Membimbing siswa atau kelompok siswa yang masih belum memahami materi yang sudah dipelajari. Memfasilitasi peserta didik atau kelompok siswa yang sudah menyelesaikan tugas. Memberikan evaluasi kepada semua siswa untuk mengetahui capaian tujuan pembelajaran. Evaluasi, Refleksi dan Tindak lanjut : Evaluasi hasil belajar dilakukan untuk mengetahui capaian tujuan pembelajaran. Bentuk evaluasi antara lain: tes tertulis, lembar observasi saat praktikkum/diskusi/presentasi. Tindak lanjut diberikan kepada siswa yang masih belum mencapai KKM (bentuknya remedial) dan kepada siswa yang sudah melebihi KKM (bentuknya proyek pengayaan).

Lebih Lanjut : https://www.blogpendidikan.net/2021/06/bagaimana-cara-menggunakan-model.html

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren. salam literasi

25 Jun
Balas

keren. salam literasi

25 Jun
Balas



search

New Post