Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ada Perjuangan Di Balik Tes CPNS

Tantangan Hari Ke-28

#TantanganGurusiana

Hari ini saudara saya menjalani tes CPNS di Kantor Walikota Jakarta Selatan. Untuk mempersiapkan diri menghadapi tes, ia sudah membeli satu buku soal CPNS bidang pendidikan. Ia cukup rajin menjawab soal-soal.

Namun, perjuangan tes CPNS yang dilmaksud judul tulisan ini bukan saat belajar soal. Ketika sedang berurusan dengan tes CPNS, kerap kali semesta seperti menguji kita dengan rintangan yang menghadang sehingga kita butuh perjuangan yang lebih. Contohnya seperti yang dialami saudara saya hari ini.

Saat hari pelaksanaan tes, saya berpikir alur yang akan dilalui istri saya akan sederhana: berangkat tiga jam sebelum waktu tes => sampai di lokasi tes => mengikuti tes => selesai. Ternyata yang harus dijalani tidak sesederahana yang dibayangkan. Dalam perjalanan, saudara saya terjebak macet. Ia khawatir tidak bisa datang tepat waktu.

Kabar terakhir yaitu ia bertanya, apakah naik gojek saja ? Saya balas namun tak ada balasan lagi. Saya terus memikirkannya karena saya lihat cuaca agak hujan. Jika benar naik gojek, nanti ia akan kehujanan. Kalau tetap di mobil, apakah akan bisa tepat waktu ?

Setelah sejenak tak ada kabar, ada telpon darinya, menanyakan nomor urut absen. Puji Tuhan ia berhasil sampai di lokasi tes sebelum waktunya. Saya merasa lega.

Kejadian tersebut mengingatkan saya ketika dahulu saya mengikuti tes CPNS 2014. Ada perjuangan yang harus dilalui. Hal yang akan dijalani, tidak semudah yang dibayangkan.

Di bawah guyuran hujan deras, saya harus mencari rumah sakit untuk tes kesehatan. Saya baru bisa tes kesehatan keesokan harinya. Namun saat hari pelaksanaan, saya demam. Suhu badan saya naik. Di tengah kondisi seperti itu, saya tetap harus pergi ke rumah sakit untuk tes kesehatan.

***

Setelah selesai mengajar, saya mengecek handphone. Ada pesan dari saudara saya. Ia memberi tahu hasil skornya. Saya bersyukur skor yang diperoleh lolos passing grade dan sepertinya cukup mampu untuk bersaing dengan peserta lainnya.

Dengan perjuangan yang dilalui untuk menjalani tes CPNS, semoga saudara saya berhasil lolos ke tahap tes SKB.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post