Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web

File Daftar Nilai Corrupt !

Tantangan Hari Ke-40

#TantanganGurusiana

Beberapa hari yang lalu, saya membuka file daftar nilai tematik semester 2 yang ada di dalam flashdisk. Saya ingin memasukkan nilai Latihan subtema 1. Namun ada hal yang tidak beres. Ada keterangan bahwa file tersebut corrupt. File tidak bisa dibuka !

Saya coba buka beberapa file lain, ternyata bisa dibuka. Hanya file itu yang terkena corrupt. Saya menebak ini bukan karena virus. Lalu kenapa bisa seperti itu ya ?

Saya coba hubungi teman saya yang memang memiliki latar belakang IT. Sebelumnya ia pernah berhasil mengembalikan file yang sudah terhapus. Siapa tahu file yang corrupt juga bisa kembali. Ketika bertemu, saya memberikan flashdisk berisi file itu kepada teman saya. Dia akan coba mengusahakannya.

Saya bertanya kepada dia apa yang membuat sebuah file bisa corrupt. Ia menjelaskan bahwa mungkin saat mencabut flashdisk, masih ada file dalam flashdisk yang masih aktif (terbuka) di laptop. Saya ingat, saya pernah melakukan itu. Saya mencabut flashdisk. Ketika akan mematikan laptop, masih ada file word yang masih aktif. Ternyata itu file yang ada di dalam flashdisk yang sudah tercabut. Saya tetap keluarkan file itu dan tidak menyimpannya. Sepertinya itu yang membuat terjadi semacam crash sehingga file menjadi corrupt.

Beberapa hari kemudian, ia mengabarkan bahwa sepertinya filenya tidak selamat. Saya sangat menyesal karena sudah ceroboh. Saya harus putar otak bagaimana mengumpulkan kembali nilai-nilai yang sudah masuk di file itu. Sedangkan saya tidak punya back up nya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post