Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Fungsi Blog Dalam Pembelajaran Daring

Fungsi Blog Dalam Pembelajaran Daring

Tantangan Hari Ke-25

#TantanganGurusiana

Sekarang ini mulai banyak web/aplikasi di internet yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran daring. Mulai dari google classroom, edmodo, schoology, webex, hingga blog. Kita tinggal memilih web/aplikasi yang ingin kita pakai.

Dari berbagai pilihan itu, saya memilih blog sebagai media pembelajaran daring. Saya melihat blog lebih praktis digunakan oleh siswa karena tidak perlu daftar akun dan login. Siswa cukup klik alamat blognya dan mereka dapat menikmati aneka konten di dalam blog.

Blog sendiri sebenarnya berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai konten. Blog hanya memiliki 3 fitur dasar yaitu mengirim tulisan, mengunggah gambar, dan video. Blog juga memungkinkan kita membuat link download atau mencantumkan link web lain. Jika kita ingin konten blog lebih variatif, maka perlu mencantumkan widget (aplikasi) dari web lain. Google form merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam konten blog pembelajaran. Biasanya guru membuat latihan soal atau ujian daring menggunakan aplikasi tersebut.

Namun timbul pertanyaan. "Kita kan bisa membagikan link soal daring (google form) langsung ke kontak/grup WA yang dituju. Mengapa harus terlebih dahulu meletakkan aplikasi itu di blog ? "

Untuk pertanyaan itu, mari kita melihat kembali fungsi blog yaitu sebagai wadah. Artinya berbagai macam konten dapat terintegrasi dalam satu platform yaitu blog. Jadi, saat siswa membuka sebuah blog pembelajaran, ia dapat mengakses beragam konten seperti soal daring, permainan daring, video, rangkuman, materi dalam bentuk slide power poin, dan lainnya. Jika membagikan langsung ke grup WA, maka link tersebut semakin lama semakin hilang tertimbun chat percakapan. Akan sulit jika ingin mencarinya kembali. Blog memiliki fitur kategori dan menu navigasi sehingga pengguna kapanpun dapat mencari konten yang diinginkan dengan mudah.

Blog juga bersifat terbuka untuk diakses siapa saja. Jadi konten pembelajaran dalam blog tidak hanya bermanfaat bagi siswa kita saja, tapi juga bermanfaat bagi anak-anak lain darimanapun. Template blog juga bisa diubah-ubah sehingga dapat memberi tampilan yang lebih menarik.

Jadi menurut saya blog berperan sebagai platform pembelajaran daring yang praktis dan aksesnya tidak terbatas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post