Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web

Memulai Proyek Buku Antologi Siswa

Tantangan Hari Ke-36

#TantanganGurusiana

Sekarang ini mulai banyak sekolah yang menerbitkan buku hasil tulisan siswanya. Ada yang berupa buku solo, ada pula yang berupa antologi. Jenis karya tulisannya juga beraneka ragam. Ada puisi, karangan cerpen, cerita pengalaman, dan lainnya.

Saya juga ingin sekolah saya menerbitkan buku karya siswa. Saya ingin siswa saya memiliki pengalaman membuat tulisan yang dibukukan. Tugas menulis yang diberikan kepada siswa tidak hanya mendapat nilai angka tapi juga membuahkan sebuah karya.

Maka, hari ini saya sudah mengumumkan tugas menulis kepada siswa. Tema tulisannya adalah tentang hobi. Sebelumnya siswa sudah pernah menulis hobi. Jadi mereka tinggal mengembangkan lagi ceritanya agar lebih lengkap dan memenuhi kriteria dari saya.

Saya minta mereka menulis minimal 1 halaman kertas A4. Tulisan tidak dicetak, tapi dikirim ke Whatsapp atau email saya. Beberapa siswa bertanya tentang cara mengirimnya. Itu menunjukkan secara tidak langsung siswa akan belajar menggunakan teknologi untuk kegiatan pembelajaran. Maka saya pun menyalakan proyektor, dan menjelaskan kepada mereka tentang cara mengirim file lewat email dan whatsapp menggunakan laptop/PC.

Tulisan hobi para siswa akan memberi dampak positif bagi siswa itu sendiri, saya sebagai guru, dan orang lain yang membacanya. Siswa akan senang dan nyaman saat menulis karena hal yang ditulis merupakan kesukaan mereka. Menulis hobi dapat menjadi jalan siswa untuk mengaktualisasikan dirinya.

Saya sebagai guru akan mengetahui lebih jauh tentang kisah siswa-siswa saya. Saya akan mendapat pandangan baru mengenai siswa saya sehingga bisa lebih memahami mereka. Orang lain yang membaca mungkin saja akan mendapat inspirasi dari cerita yang ditulis siswa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post