Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web

Personal Branding

Tantangan Hari Ke-39

#TantanganGurusiana

Personal branding adalah bagaimana kita membangun dan mempromosikan apa yang diperjuangkan. Personal branding merupakan kombinasi unik dari keterampilan dan pengalaman yang menjadikan kita sebagai sosok yang sekarang ada. Personal branding juga bisa jadi pembeda kitadi antara milyaran sosok profesional lainnya di sekitar kita.

Kebanyakan orang menganggap personal branding itu terlalu makan waktu dan bahkan sebagian orang bilang, personal branding itu tidak penting. Memang benar bahwa demi membangun branding diri, kita perlu menghabiskan banyak waktu. Namun, anggapan bahwa personal branding itu tidak penting sebenarnya salah.

Kita tentunya telah melihat bahwa di era digital ini, tantangan karir/bisnis tak lagi sama . Sebuah bisnis saja memerlukan website yang meyakinkan audience untuk dapat dipercaya sebagai brand bagus yang menyediakan produk/jasa yang bagus juga.

Begitu juga dengan nilai diri kita di mata para pencari pekerja/jasa. Mereka melihat representasi online kita sebagai bahan pertimbangan seleksi apakah kita layak menjadi kandidat pekerja ataukah tidak. Mereka mungkin saja melakukan penyaringan tahap awal dengan melihat seluruh profil Anda yang tersebar secara online.

Personal branding lebih kepada apa yang bermanfaat atau positif yang kita bisa bagi kepada orang lain.

Branding erat artinya dengan pembeda dari yang sejenis. Jika guru melakukan personal branding maka ia akan fokus pada apa yg dimiliki dibanding kelemahan. Ditambah dengan peran medsos maka personal branding guru akan makin cepat.

Dalam branding terdapat reputasi dan pencitraan. Reputasi itu cara mendapatkannya dengan kerja keras dan konsistensi. Pencitraan itu mudah dan cenderung tidak bertahan lama.

Berbagilah hal yang kita ingin orang lain ketahui, tidak perlu menunggu sampai ahli. Bahkan kita bisa berbagi proses yang sedang kita jalankan.

Referensi: Pelatihan Hari Pertama "Belajar Menulis Gelombang 4"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post