Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Merencanakan Platform Digital Marketing Buku Indie
sumber gambar: ulanharichiintia.blogspot.com

Merencanakan Platform Digital Marketing Buku Indie

Tantangan Hari Ke-21

#TantanganGurusiana

Menulis buku hingga bisa diterbitkan merupakan suatu hal yang membahagiakan. Lebih bahagia lagi kalau ada banyak orang yang mau membelinya kan ?? hehe. Namun, bagaimana orang lain bisa membeli buku kita kalau mereka tidak tahu keberadaan buku tersebut. Untuk itu, kita perlu melakukan pemasaran agar buku kita diketahui lebih luas oleh lebih banyak orang.

Bagi penulis buku indie, pemasaran menjadi sebuah tantangan tersendiri. Selain harus membiayai sendiri proses penerbitan dan ongkos cetak, konsekuensi lainnya yaitu harus mau mempromosikan dan memasarkan sendiri buku tersebut. Jika tidak, maka cakupan dikenalnya buku tersebut kurang luas. Memang saat ini banyak pilihan media sosial sebagai tempat promosi buku. Namun, konsumen yang mengetahuinya hanya disekitar lingkaran teman medsos penulis saja.

Bisa saja ada orang di luar sana yang jika mengetahui keberadaan buku kita, dia akan sangat tertarik untuk membelinya. Sayangnya tidak ada platform yang menghubungkan antara konsumen dengan penulis buku indie. Toko buku online lebih banyak memberi porsi untuk buku dari penerbit mayor. Saya belum menemukan platform khusus buku indie dari berbagai penerbit. Lalu bagaimana solusinya ?

Saya membayangkan adanya sebuah platform digital seperti sebuah web yang dapat digunakan sebagai tempat promosi buku indie dari berbagai penerbit. Tidak harus berupa toko buku online. Setidaknya ada tempat untuk memajang buku indie. Pengunjung web tersebut dapat memesan buku dengan menghubungi kontak penulis atau penerbit yang tercantum.

Jika harus menunggu ada orang lain yang membuatnya, harus menunggu sampai kapan ? Maka saya mau mencoba membuat platform tersebut walaupun masih sangat sederhana.

Saya memiliki blog buku (www.bukubrian.blogspot.com). Beberapa bulan terakhir, blog itu tidak pernah diupdate lagi. Sekarang ini saya lebih fokus menulis tantangan gurusiana.

Daripada blog itu tidak terpakai, maka saya ingin mempublikasikan buku-buku indie karya guru di blog itu, termasuk buku para gurusianer. Blog tersebut saya beri nama Ekuindi. Nama tersebut merupakan akronim dari Etalase Buku Indie. Blog tersebut sedang dalam tahap perombakan namun tetap bisa di akses.

Rencananya pada postingan setiap buku akan terdapat cover, data buku, sinopsis, info kontak pemesanan, dan harga buku. Untuk cover, data buku, dan sinopsis. Saya mohon izin menyalin dari setiap postingan buku terbitan media guru yang ada di halaman facebook Majalah Media Guru Indonesia.

Jika anda ingin memberi tahu info kontak pemesanan dan harga buku anda, silakan hubungi saya lewat email [email protected] atau pesan facebook: www.facebook.com/brianpraszetyawan.

Semoga apa yang akan saya lakukan ini tidak melanggar ketentuan komunitas yang ada pada media guru maupun gurusiana. Saya hanya ingin membantu agar buku karya guru dikenal lebih luas lagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren idenya pak... Nanti blog bapak bisa jd tempat para penulis yg mencatak buku di penerbit indie memajang karya trus bg peminat buku terbitan penerbit indie melakukan window shopping judul2 buku yg mereka minati... Sukses pak...

13 Feb
Balas

Nah itu dia yang saya maksud. Blog tersebut akan menjadi platform Window shopping. Terimakasih Bu komentarnya

13 Feb



search

New Post