Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Remedial Online

Remedial Online

Tantangan Hari Ke-15

#TantanganGurusiana

Biasanya remedial dilakukan untuk memperbaiki nilai PH/PTS. Namun, saya tetap minta siswa melakukan remedial jika nilai latihannya di bawah KKM. Namun tidak pada semua latihan yang dikerjakan setiap hari. Khusus latihan subtema saja, karena nilainya akan masuk pada perhitungan rapor.

Saya berpikir bahwa nilai laithan subtema seharusnya akan membantu mendongkrak rata-rata PH. Jika latihan subtema di bawah KKM, malah justru membuat jeblok rata-rata PH siswa. Saya ingin nilai latihan subtema minimal setara KKM. Maka dibuatlah remedial. Siswa cukup memperbaiki jawaban-jawaban yang salah.

Selama ini, remedial itu saya minta kerjakan di selembar kertas. Namun akhir-akhir ini saya berpikir, mengumpulkan remedial menggunakan kertas terasa tidak praktis. Kertas-kertas tersebut menambah tumpukan barang di meja saya. Konsentrasi saya menjadi terbagi ketika di saat yang bersamaan juga ada remedial PH. Selain itu, penggunaan kertas terus menerus tentu suatu pemborosan. Melihat itu, saya mencari cara yang lebih efisien terkait pengerjaan remedial latihan subtema itu.

Akhirnya saya punya solusinya yaitu Remedial Online. Jadi siswa tidak mengerjakan di kertas, tapi lewat blog yang saya buat (www.bahastematiksd.blogspot.com). Pada blog tersebut terdapat form remedial online yang saya buat menggunakan google form. Teknik ini belum diterapkan karena idenya memang baru muncul hari ini. Namun formnya sudah saya buat dan sudah bisa digunakan. Saya tinggal mensosialisasikan kepada siswa cara penggunaannya.

Mungkin saja selanjutnya remedial online ini akan saya terapkan juga pada remedial PH.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

cara remedial 4.0

07 Feb
Balas



search

New Post