Briny Kinasih ,S.Psi.M.M

Konsultan Psikologi dan Pendidikan , Penggiat Parenting , Owner Sekolah Inklusi Kinasih, Tim Kurikulum Disdik Kab.Bekasi, Pemerhati Anak Berkebutuhan...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGENAL GANGGUAN/HAMBATAN PADA ANAK
Nara Sumber materi ABK

MENGENAL GANGGUAN/HAMBATAN PADA ANAK

Topik bahasan kali ini melanjutkan permslhan yg tjd pd anak usia dini yg sifatnya menetap/permanen...Tentu saja permslhan yg tjd perlu kita tangani segera sebelum berdampak negatif dalam hidupnya. Anak" mempunyai kebutuhan" khusus yg ditangani sesuai kebutuhannya..

✅Cacat fisik, cacat ini bisa dr bawaan lahir atau kecelakaan utk anak yg cacat akibat kecelakaan mis diamputasi mereka butuh rehabilitasi mental utk adaptasi kecacatannya dg lingkungan ,ini utk kecacatan tunggal, namun utk anak yg mengalami cacat fisik dan keterlambatan lain atau tuna ganda yg kendalanya retardasi mental, gangguan emosional,bisu-tuli, atau tuna grahita dsb perlu penanganan yg lebih✅Celebral Palsy atau kelumpuhan saraf pusat, hal ini bisa dikrnkan akibat kecelakaan atau waktu kehamilan ibu bermslh yaitu kurangnya oksigen ke otak atau tdk berfungsinya otak (Brain damage) hal ini menyebabkan gerak/motorik anak bermslh (gerak kaku,gerak atetonik/kejang dipergelangan tgn spt menari,gerak ataxia/ tdk bisa bertepuk tangan,kaki kaku spt gunting,lumpuh)✅Epilepsi,gejala simtom yg mendadak akibat tumor otak,hypokdia/kurangnya oksigen dlm tubuh,keracunan, sejarah kelahiran yg menyimpang, luka di otak.gejala kejang dan terjatuh sebelumnya ada aura yaitu tiba" melihat sesuatu,membau sesuatu,terbayang sesuatu atau rangsangan dr dlm .✅Spina bifida,kelainan fisik krn tulang punggung tdk menutup sempurna sehinggamenyebabkan kelumpuhan✅Hydrocepalus,penyerapan cairan saraf punggung tersumbat shg terjadi pembengkakan pd bag. Otak tertentu akibatnya tjd pembesaran kepala akibatnya bisa lumpuh atau tuna grahita, ada jg pengecilan otak /microcephalus✅Tuna gragita/retardasi mental (ringan bisa dididik,sedang bisa bina mandiri) yaitu IQ dibawah rata-rata normal✅Down syndrom, penyimpangan kromosom trisomi 21, mengalami tuna grahita dan muka mirip org mongol✅Lamban belajar disebabkan krn faktor biologis, genetik atau lingkungan✅Tuna rungu, kurangnya pendengaran terhambat dlm komunikasi✅Tuna wicara, kurang/ tidak mampu berbicara✅Tuna netra, atau juling kurangnya kemampuan melihat atau gangguan penglihatan✅Anak Berbakat yg IQ di atas rata-rata klo tidak di sesuaikan kebutuhan dg lingkungan mk akan tjd mslh jg,ciri secara fisik tumbuh tinggi, kuat, energik lebih dr anak seusianya, menonjol dlm olah raga, berprestasi, menonjol dlm kelompok sosial yg mjd mslh adalah cepat frustasi, cepat bosan, atau sering gugup krn bicaranya cepat krn kemampuannya lebih biasanya anak tidak tenang di dlm kelas harus disikapi dg tambahan pengayaan lebih dr teman"nya...

Smoga bahasan ini bermanfaat ....yo peduli anak bermasalah harus segera ditangani...👪👪👪👪

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post