BUDHI SLAMET SAEPUDIN

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

"Kenapa Kita Harus Apel Pagi?"

Bagi ASN dilingkungan Kementerian, Lembaga, Badan atau instansi daerah, apel pagi adalah ritual wajib yang harus dilakukan. Sebuah rutinitas yang kadang disepelekan bahkan dianggap tidak begitu penting.

“Buat apa apel pagi, toh isinya gitu-gitu saja?”

“Ngapain sih apel pagi, rajin banget?”

“Kenapa sih harus apel pagi?”

Banyak pertanyaan muncul kepermukaan saat pimpinan menekankan kembali kewajiban pegawai untuk melakukan apel pagi. Tak sedikit yang menyepelekan dan bahkan mencemooh. Padahal bila kita dalami, dalam setiap prosesi apel pagi ada tiga hal penting yang diperoleh :

1. Menyampaikan informasi.

Banyak informasi penting baik himbauan, pengumuman, surat edaran ataupun rencana kegiatan serta perkembangan situasi yang perlu disampaikan dan diketahui pegawai. Moment apel pagi adalah saat yang tepat untuk menyampaikan itu semua, dimana pikiran masih fresh belum terganggu padatnya kegiatan.

2. Pengecekan Kehadiran.

Apel pagi juga merupakan ajang pengecekan kehadiran jumlah pegawai. Pimpinan akan dengan mudah mengetahui jumlah pegawai yang hadir dan berapa banyak pegawai yang tidak hadir dari tiap bagian. Laporan singkat jumlah kehadiran pegawai dari tiap bagian ketika apel pagi dimulai, bisa menjadi dasar pengambilan keputusan pimpinan dalam melaksanakan kebijakan pada hari itu.

3. Menanamkan disiplin dan loyalitas.

Apel pagi adalah salah satu bentuk pembinaan dan pemeliharaan disiplin pegawai. Dengan hadir tepat waktu pada saat jam apel pagi, akan menanamkan disiplin diri yang tinggi, menghargai waktu, patuh dan taat kepada pimpinan serta memunculkan motivasi kerja yang baik.

Selain ketiga point diatas, ada pesan filosofis ketika semua pegawai melaksanakan apel pagi. Ada nilai kebersamaan disana, jalinan silaturahmi, keakraban antara atasan dan bawahan, cinta tanah air serta penanaman nilai spiritual saat semua kegiatan diawali bersama dengan doa. Mari jangan tunda lagi, rajinlah apel pagi, banyak hal positif yang ternyata bisa kita dapatkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pas! Mantap!

01 Aug
Balas



search

New Post