Budi Hanif

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kincung Plus Daun Singkong Pembuka Selera

Kincung Plus Daun Singkong Pembuka Selera

#Gurusiana# Tantangan Hari ke-29

Pedagang bahan makanan lewat di depan rumah. Biasanya kami menyebutnya Pedagang Gelendongan . Pedagang menggunakan berbagai jenis kendaraan untuk mengangkut bahan makanan yang mereka bawa. Ada yang menggunakan sepeda motor yang dibagian belakang dibuatkan keranjang untuk tempat berbagai jenis makanan . ada juga yang menggunakan mobil pick up , namun masih ada yang menggunakan sepeda kayuh. Biasanya pedagang ini tiap hari ada saja yang lewat untuk membawa bahan-bahan dapur keperluan ibu-ibu untuk dimasak mengisi kampung tengah alias perut.

Pada hari – hari biasa kata mama ,pedagang gelendongan ini tidak sebanyak sekarang. Ternyata pengaruh Covic 19 ini banyak yang alih profesi menjadi pedagang gelendongan . Analisanya karena pengaruh DDS atau Diam Dirumah Saja sehingga untuk keperluan dapur diantar lansung kerumah – rumah. Hingga para ibu tidak perlu repot lagi ke pasar sekedar membeli bahan masakan.

Bahan makanan yang dijual tidak hanya bahan mentah , namun sekarang karena persiapan berbuka puasa maka banyak diantara pedagang gelendongan ini menjual berbagai jenis masakan yang siap santap, mulai dari sayur- sayuran siap saji, bermacam-macam jenis gulai lauk pauk dan goreng- gorengan bahkan berbagai macam jenis kolak dan es buah. Jika kita sempat melihat bawaan mereka mengundang selera tidak sabar menunggu masuknya waktu berbuka.

Namun kali ini mama tidak mau membeli makanan siap saji , Ia justru mencari jenis makanan pembuka selera karena sudah beberapa hari ini selera makan beliau terasa sangat kurang. Ketika enak-enak melihat tampaklah sejenis sayuran yang sudah lama tak kelihatan. Sayuran tersebut bernama Kincung alias kecombrang . Sejenis sayur- sayuran yang masuk kelas Liliopsida.Setelah membeli sayuran tersebut matanya mencari-cari pasangan yang cocok untuk bahan campuran, maka pilihannya jatuh kepada daun singkong dan sebagai lauk tambahan dalam masakan adalah teri nilon sejenis teri yang ukurannya kecil. Jadilah nanti gulai kincung plus daun pucuk ubi dengan tuping teri nilon. Menurut selera penulis sayur kincung itu hanyalah sebagai campuran, namun kali ini justru mama mau Sayur ini sebagai bahan utama sementara daun singkongnya hanya sebagai tambahan.

Ternyata benar setelah masuknya waktu berbuka puasa beliau lansung menyantap masakan karyanya dengan lahap sekali. Duh ...selamat makan deh Ma.

#bukapuasa#

05 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post