Budiyanti Anggit

Menulis adalah bagian dari hidupnya. Dengan menulis hidup lebih bermakna. Oleh karena itu menulis dan menulis. Saat ini mengajar di SMP N 2 Banyubiru Kabupaten ...

Selengkapnya
Navigasi Web

KETIKA ANAK KECANDUAN HP ( 39)

( Parenting 1)

"Uti main HP," ucap cucu ketika saya sedang membuka HP. Saya lupa jika saat ini ada cucu di sampingku.

"Lho kan masih pagi. Kata bunda kan harus sesudah makan, tidur siang," sanggah saya saat itu.

"Main HP saja," rengeknya. Karena tak tega oleh akungnya boleh main HP sambil makan.

Akhirnya cucu bermain HP sambil disuapi Akungnya. Makannya jadi gampang. Kali lain sama ia merengek untuk main HP. Kadang dibiarkan saja oleh bundanya. Nah ini yang bikin kecanduan, kadang saya dan Akungnya memperbolehkan dengan syarat tertentu.

Sebenarnya sih saat di rumah sendiri, bermain HP cuma saat akhir pekan saja. Di rumah Akungnya jadi berabe deh.

Ketika disanggah dengan mengatakan bahwa saat ini bukan hari Minggu, si Cucu bilang

"Biarin saja,"

Sesaat saya melihat apa saja sih kok anak balita sudah senang bermain HP. Tak diduga bahwa aplikasi baru sudah di-download. Tak ada yang ngajarin si cucu lihai membuka berbagai game dengan mudahnya. Saat dia bermain saya ikut memperhatikan. Secara kasat mata game itu membuat anak cerdas untuk berpikir agar berhasil. Gambar pun jelas dan Indah. Sekilas saya mengamati semua game bagus. Pantas saja anak tertarik. Akhirnya kecanduan.

Banyak hal kurang bagus jika anak kecanduan HP. Anak kurang komunikasi dengan orang tua atau teman. Cenderung tak peduli dengan orang lain. Malas melakukan sesuatu.

Inilah problematika yang harus dicari solusinya oleh orang tua. Kadang orang tua atau kakek -neneknya yang berpikir bahwa bermain HP cuma sebentar, atau malah ada yang bilang biar diam dan gak rewel. Inilah kekeliruan yang harus disadari.

Nah bagaimana sikap kita. Beberapa hal telah saya lakukan yaitu

Pertama, orang tua harus tetap tidak pegang HP. Kalaupun penting kita berusaha membukanya di kamar atau tempat lain yang tidak terlihat anak.

Kedua, alihkan dengan kegiatan lain. Oleh Omnya kemarin cucu diajak bermain kejar-kejaran dengan. Ia pun tertawa terpingkal-pingkal. Atau ajak bermain petak umpet.

Ketiga, ajak jalan-jalan. Beberapa waktu lalu, ia saya ajak menyusuri rel kereta api yang sudah tidak dilewati kereta. Kemudian oleh akungnya ditunjukkan pohon padi di persawahan. Ia pun amat senang.

Keempat, kita belikan mainan. Kemarin saya ajak dia masuk di toko mainan. Kemudian ia memilih permainan gelembung air. Saya pun mencari mainan yang menjadikan dia berpikir. Jadilah saya belikan permainan ular tangga yang ada halmanya, susun bangun rumah-rumahan. Akhirnya saya ajak untuk bermain. Mau juga walaupun hanya sesaat. Kalau lelah kadang masih ingin main HP.

Kelima, ajak membaca. Hal ini amat sulit. Makanya carilah buku yang Gampang dicerna dan gambarnya bagus. Walaupun sesaat tidak apa-apa.

Masih banyak permainan lainnya agar anak bisa beralih dari permainan HP. Semoga bermanfaat.

Ambarawa, 1 Juli 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Solusi tepat bunda, bisa dicoba.

01 Jul
Balas



search

New Post