Siti Khotimah

Wanita yang akrab dipanggil Khotim ini bekerja sebagai guru di SD Negeri 06 Peniti. Perjalanannya menjadi guru dimulai dengan mengabdi sebagai gu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Koneksi Antar Materi - Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan
Kelas 1A CPP A.12 2024

Koneksi Antar Materi - Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan

Tujuan Pembelajaran KhususCalon pengajar praktik menunjukkan pengetahuan dan keterampilan yang meningkat dalam mengimplementasikan model BAGJA inkuiri apresiatif

Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran koneksi antar materi:

Bagaimana hubungan antara apa yang saya lakukan saat ini dengan apa yang telah saya pelajari sebelumnya? Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?

Kali ini, Anda akan diberikan tantangan yang memungkinkan Anda untuk tidak saja mereview kembali apa yang telah Anda pelajari, namun juga membuat koneksi diantara materi-materi tersebut dalam cara yang paling bermakna untuk Anda. Yang menyenangkan adalah, Anda juga diperbolehkan untuk memilih caranya!

Kaitkan apa yang sudah Anda rancang di modul 1 dengan rancangan BAGJA yang sudah Anda buat, dan bagaimana mengimplementasikan rancangan tersebut. Rancangan ini bisa dalam bentuk peta pikiran atau kanvas atau narasi atau yang lainnya.

Jawaban:

1. Apa yang saya lakukan saat ini sudah sangat sinkron dan selaras dengan apa yang saya pelajari dan saya rancang sebelumnya. Pada materi kepemimpinan menuju transformasi perubahan dibahas ada 3 elemen dasar di dalamnya. Nah bagian pertama yaitu inisiatif/ prakarsa perubahan. Di mana dalam aksi nyata saya sudah merancang inisiatif perubahan dengan format ATAP. Saya ingin meningkatkan kebiasaan membaca pada murid dengan kegiatan belajar yang menyenangkan. Ini merupakan inisiatif perubahannya. untuk mewujudkan inisiatif ini saya berperan sebagai inisiator dan juga pemimpin. Selanjutkan saya berkolaborasi dengan guru dan murid sehingga kegiatan diikuti oleh semua warga sekolah yaitu para murid dan rekan guru. Model BAGJA akan memberikan alur atau panduan yang akan mempermudah dalam mengeksekusi inisiatif perubahan yang dilaksanakan.

2. Saya semakin yakin dengan pemikiran saya karena telah sesuai dengan apa yang saya pelajari. Berkaitan tentang melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid. Apa yang saya inisiasikan sangat sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang menyenangkan. BAGJA memberikan saya roadmap dalam mewujudkan transformasi pendidikan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post