Bunda Dayah

Seorang pegiat pendidikan anak-anak di kota Banda Aceh dengan mendirikan Komunitas Kampung Dongeng Aceh. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aceh, Sejuk Dan Panas
Wisata Ie Suum Aceh Besar

Aceh, Sejuk Dan Panas

Beberapa waktu yang lalu, saya diajak teman teman ke tempat Wisata alam Ie suum (air panas) di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Lokasinya terletak sekitar 60 menit perjalanan darat dari kota Banda Aceh. Melewati Bibi pantai sambil menikmati suasana laut Aceh yang sangat indah. Bagi saya indah itu Karena masih sangat alami, sehingga suasana sugar dan natural sangat kental.

Ditambah lagi aroma kampung yang sangat khas, di kanan kiri jalan masih terlihat beberapa binatang kampung, sapi dan monyet berseliweran melintas di jalanan asal hitam yang permanent.

Jalan menanjak menuju ke lokasi dengan pemandangan bukit yang ditumbuhi pepohonan lebat sungguh membuat nyaman dan tenang. Memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Sehingga kami tidak perlu menghidupkan pendingin Mobil dan segera membuka kaca pintu mobil untuk menghirup Utara segar.

Begitu sampai di lokasi, suasana sejuk langsung terasa. Namun tetap hangat Karena tempat Wisata ini dialiri air panas dari pegunungan. Air nya beda dengan air belerang yang di kota Berastagi Sumatera Utara. Air di Ie Suum walaupun Panas, namun tetap jernih dan tidak beraroma.

Untuk membuktikan level Panas disana, seorang bapak membawa beberapa telur dan direndam beberapa menit di aliran airnya dan taraaaa, benar saja, telur telur itu matang dengan rendaman air panas nya.

Di lokasi ini banyak pengunjung membawa keluarga yang ingin menikmati air panas nya. Konon air ini dapat menjadi obat bagi punya kit tertentu. Kalau yang ini saya belum punya informasi lebih valid. Namun banyak orang yang mencoba air ini untuk mandi di lokasi kolam kolam dengan berbagai ukuran yang kondisi airnya telah di campur dengan air dingin sehingga nyaman untuk mandi.

Sayang nya saya tidak mempersiapkan perlengkapan untuk Mandi di kolam kolam itu. Tapi dari pemandangan di sana, pengunjung sangat menikmati air hangat yang mereka niatkan untuk obat atau hanya untuk menikmati sensasi Mandi sauna di pegunungan yang sejuk ini.

Selama bertahun-tahun tinggal di Aceh, ini adalah pertama kali saya mengunjungi daerah Wisata ini. Sungguh, Aceh dikelilingi daerah Wisata alam yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Yuk, ke aceh, dan kamu bisa tuliskan keindahannnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hmm, udah lama nggak kesana, jadi kangen untuk pergi lagi, bunday

09 Dec
Balas

Ayoklah bu. Rame rame kita ke ie suum. Sambil launching buku kita ya. Hihihi

09 Dec
Balas

Luar biasa alamnya Aceh..

21 Feb
Balas



search

New Post