Bunda Dayah

Seorang pegiat pendidikan anak-anak di kota Banda Aceh dengan mendirikan Komunitas Kampung Dongeng Aceh. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
BUKU GRATIS dan TENAGA LITERASI NON-TBM NASIONAL 
Penyerahan buku karya Bunda Dayah kepada Kepala Badan Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Gufron Ali Ibrahim, M.S

BUKU GRATIS dan TENAGA LITERASI NON-TBM NASIONAL 

Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Literasi resmi dibuka pada Senin 9 Juli 2018 pukul 14.00 WIB oleh Prof. Dr. Gufron Ali Ibrahim, M.S, selaku Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada acara yang berlangsung di Hotel Santika Jalan Pintu. I Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini, Balai Bahasa Aceh, mengirim 2 orang pegiat literasi di Aceh, yaitu; Siti Nurhidayah S.Pd M.Sc dari Kampung Dongeng Aceh dan Nufus Zakiah dari Cahaya Bintang Kecil.

Pada acara pembukaan tersebut, dalam sambutannya, Gufron mengatakan kegiatan membaca dan menulis erat kaitannya dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut beliau, kedua hal itu sangat penting untuk membuktikan apakah suatu bangsa mampu memajukan aktifitas membaca dan menulis bagi masyarakatnya.

“Oleh sebab itu kebiasaan kedua aktivitas tersebut; membaca dan menulis harus dipupuk sejak dini agar pencapaian cita-cita bangsa dalam membangun peradaban dapat tercapai,” ujarnya.

Gufron menegaskan melalui Bimtek yang digelar 4 hari itu (9-12/7/2018) diharapkan dapat memberi bekal bagi para peserta, untuk kemudian para pegiat literasi dapat memaksimalkan kesadaran dan kegiatan literasi di setiap daerah di Indonesia.

Gufron menjelaskan hasil yang diharapkan melalui kegiatan Bimtek ini, akan lahirnya tenaga literasi yang andal, fasilitator praktik, baik berliterasi baca dan tulis, serta membudayanya kegemaran literasi baca dan tulis di masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Bimtek, Retno Utami, M.Hum mengatakan acara ini diikuti 70 peserta yang terdiri dari 31 provinsi di Indonesia. Menurutnya, para peserta berasal dari berbagai komunitas literasi non-TBM.

“Peserta yang ikut pada acara ini, kita mengundang sejumlah komunitas non-TBM dan pegiat literasi yang selama ini sudah peduli terhadap upaya penumbuhan budaya literasi dalam masyarakat di daerahnya masing-masing,” tegasnya.

Pada kesempatan ini, Siti Nurhidayah S.Pd M.Sc berkesempatan memberikan buku hasil karyanya yang berjudul 8 cerita karakter Kampung Dongeng Aceh kepada Kepala Badan Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Gufron Ali Ibrahim, M.S

Semoga apa yang diharapkan para pelaksana kegiatan bimtek ini dapat membawa perubahan literasi yang signikan di setiap daerah.

Salam literasi

Salam pergerakan literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post