Bunda Dayah

Seorang pegiat pendidikan anak-anak di kota Banda Aceh dengan mendirikan Komunitas Kampung Dongeng Aceh. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cerita Membawa Bahagia 
Program bercerita sanggar kampung dongeng aceh di Radio

Cerita Membawa Bahagia 

Pernahkah Anda punya pengalaman diceritakan dongeng sebelum tidur oleh ayah atau bunda kita atau kakek dan nenek waktu masih kecil? Apakah kita masih ingat cerita itu?

Tradisi bercerita sebelum tidur saat ini sangat banyak manfaat nya. Selain rasa nyaman anak-anak mendengar ceritanya, ada manfaat lainnya. Berikut salah satunya.

1. Menyampaikan pesan kebaikan dengan cara yang menyenangkan. Dunia anak adalah bermain, mereka lebih nyaman dan mudah menerima pesan dengan cara yang menyenangkan. Nah, bercerita merupakan media penyampai pesan sehingga tidak terasa sebenarnya kita sedang menasehati anak-anak.

2. Mengenalkan buku dan membaca. Banyak orang tua yang suka memaksa anak-anak nya agar dapat cepat membaca. Padahal cara efektif mengenalkan buku dan membaca adalah salah satunya dengan cara bercerita. Apalagi saat bercerita, kita sambil menunjukkan buku yang kita ceritakan pada anak-anak. Jika dibiasakan terus menerus, maka lambat laun mereka dengan sendiri nya akan cinta buku dan membaca.

3. Bercerita sebagai Wisata Imajinasi anak-anak. Biasanya anak-anak akan senang dengan tokoh tokoh cerita yang unik. Momen bercerita ini akan membantu mengingatkan kemampuan imajinasi mereka menjadi kreatif dan kritis

4. Meningkatkan kedekatan emosional antara orangtua dan anak. Orangtua yang sering bercerita, maka anak-anak akan selalu menantikan momen bercerita sebagai hal sangat dinanti - nanti kan.

Nah, tunggu apalagi, yuk ayah bunda, bercerita lah untuk anak-anak kita ya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siap

24 Jan
Balas

Terima kasih bu sudah mampir. Salam literasi.

24 Jan

Mantap bunday

24 Jan
Balas

yes bunday.. kalau mau disenngi anak-anak yang sering-sering bercerita ya bunday yg keceh... yihaaaa...:)

24 Jan
Balas



search

New Post