Bunda Dayah

Seorang pegiat pendidikan anak-anak di kota Banda Aceh dengan mendirikan Komunitas Kampung Dongeng Aceh. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sekolah Mendengar
Proses rekaman cerita di Radio RRI Banda Aceh

Sekolah Mendengar

Keterampilan mendengar pada setiap orang, berbeda penerapannya. Pengaruh gaya belajar seseorang sangat terkait erat dengan Keterampilan mendengar. Seseorang yang gaya belajar nya dominan auditory (mendengar) akan lebih mudah melakukan aktivitas mendengar. Cara ini juga yang biasanya mereka pakai dalam proses mempelajari segala sesuatunya.

Anak-anak yang menggunakan kemampuan mendengar nya, akan mudah melakukan aktivitas yang ada kaitannya dengan suara dan bunyi. Bahkan kadang kadang tanpa perlu melihat, mereka cukup menggunakan pendengaran Mereka dalam proses belajar nya.

Anak-anak auditory, sering dianggap cuek dan tidak peduli dengan orang lain. Mereka dapat memahami dengan cepat informasi yang didengarnya daripada yang dilihatnya.

Orang tua dan guru yang telah memahami gaya belajar anak-anak auditory ini, biasanya faham memilih jenis kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Aktivitas yang melibatkan musik, percakapan, aneka bunyi dan suara sangat digemari anak-anak auditory ini.

Namun ada kalanya, anak-anak auditory ini mempunyai gaya belajar yang lain. Kombinasinya menjadi unik dan luar biasa. Anak-anak auditory yang kinestetis misalnya, mereka akan senang dengan mendengar dan bergerak. Mereka akan mudah menerima informasi yang melibatkan gerak dan suara yang lebih banyak. Biasanya mereka sering disebut anak yang lasak dan tidak suka peraturan. Padahal Karena belum memahami gaya belajar mereka yang unik ini.

Kombinasi lainnya adalah, anak-anak auditory yang visual. Mereka cendrung senang dengan kegiatan yang menggunakan penglihatan dan pendengaran mereka. Kegiatannya terkait dengan aktivitas melihat benda yang berwarna menarik. Tanpa banyak bergerak dan mereka lebih bertahan lama belajar dengan posisi duduk.

Sudahkah Anda mengenal gaya belajar Anda?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post