Bunda Suherti

Tinggal di Bekasi Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
LEARNING DISFUNCTION ( MENGENAL KESULITAN BELAJAR. Bag. 3 )

LEARNING DISFUNCTION ( MENGENAL KESULITAN BELAJAR. Bag. 3 )

(Tantangan ke 3.)

Learning Disfunction adalah gejala dimana proses belajar yang dilakukan oleh siswa tidak berfungsi dengan baik. Meskipun sebenarnya siswa tersebut tidak menunjukkan adanya sub- normalitas mental, gangguan alat indera atau gangguan psikologis lainnya. Gangguan belajar ini berupa gejala proses belajar yang tidak berfungsi dengan baik. Karena adanya gangguan syaraf otak sehigga terjadinya gangguan pada salah satu tahap dalam proses belajarnya.

Ciri - ciri :

​Hasil belajarnya rendah, dibawah rata- rata dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

​Lambat dalam melaksanakan tugas akademik dan perkembangan.

​Menunjukkan sikap/ tingkah laku , cara berpikir dan gejala emosional yang kurang wajar dalam belajar.

​Tidak setara antara IQ dan prestasi.

Gejala :

​Menunjukkan hasil belajar yang rendah dibawah potensi yang dimilikinya.

​Hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan.

​Lambat dalam melakukan tugas dan selalu tertinggal dengan temannya.

​Menunjukkan sikap yang tidak wajar, seperti acuh tak acuh, berpura - pura dan lain - lain.

​Menunjukkan perilaku yang berkelainan seperti membolos, terlambat, mengganggu temannya.

​Menunjukkan gejala emisional yang kurang wajar seperti pemarah, mudah tersinggung dan lain sebagainya.

Masalah :

​Pendidikan . ​Penyesuaian Sosial. Emosionall. ( Tidak dapat mengontrol emosi dengan baik dan tidak dapat mengelola emosi dengan baik.) Ekonomi.

Metoda belajar yang dilakukan :

​ 1. Discovery

​Merupakan suatu cara untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif.

​Dengan menemukan sendiri maka hasil yang diperoleh betul - betul dikuasai

​Pengertian yang ditemukan sendiri maka hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan.

​Dengan metoda discovery anak belajar berpikir analisis dan mencoba memecahkan problemnya sendiri.

​2. Inquiry :

​Merupakan rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis , kritis, logis, analisis sehingga anak dapat merumuskan sendiri penemuannya.

Menurut Trianto ( 2007). Sasaran utama belajar adalah :

Keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses kegiatan belajar.

​Keterlibatan secara ligis dan sistematis pada tujuan pembelajaran.

​Mengembangkan sikap percaya diri tentang apa yang ditemukan.

3. Discovery - Inquiry :

Adalah cara penyajan pelajaran yang banyak melibatkan siswa dalam proses mental dalam rangka penemuan. Inquiry berarti mencari. Suatu metoda pembelajaran yang dikembangkan agar siswa dapat menemukan proses mentalnya untuk dapat menemukan suatu konsep, atau prinsip berdasarkan proses inquiry nya dari pertanyaan.

Ada 6 Langkah pembelajaran ( Syamsudin: 2003) dalam metoda ini yaitu :

​Stimulasi (Guru mulai bertanya, mendengarkan uraian masalah.)

​Perumusan masalah ( Siswa eiberi kesempatan untuk mengidentifikasi masalah yang muncul. Selanjutnya siswa dituntut untuk membuat hipotesis.)

​Pengumpulan data ( siswa diberi kesempatan untuk mengumpulkan berbagai data dan informasi yang relevan. )

​Analisis data ( semua data dan informasi yang diperoleh di olah serta di tafsirkan).

​Verifikasi ( berdasarkan hasil pengolahan data dan informasi , guru mengarahkan siswa untuk mengecek hipotesis yang dibuat siswa diawal kegiatan ).

​Generalisasi ( guru mempengaruhi siswa untuk belajar menarik kesimpulan atau generalisasi berdasarkan hadil verifikasi).

Keberhasilan belajar tidak hanya bergantung pada metode pembelajaran , tetapi juga harus ada alat atau media sebagai alat bantu pembelajaran. Hal ini agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan dalam proses belajar mengajar.

Bersambung

#Tantanganmenulis30hari.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, sangat manfaat untuk pahami saya siswa. Sukses selalu dan barakallahu fiik

20 Jan
Balas

Sangat bermanfaat...

18 Jan
Balas

Waw ilmu lagi. Keren bundakuh

18 Jan
Balas

Ilmunya mnfaat, makasih bun

19 Jan
Balas



search

New Post