Burhani Abu Bakar Arsyad

Dilahirkan Oktober 1975 (dulu bintang Libra : 23 September-22 Oktober, sekarang menjadi Virgo : 17 September-30 Oktober) dari keluarga yang sanga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jauh tapi Dekat

Jauh tapi Dekat

Tantangan Hari ke-1520

#TantanganGurusiana-5

***

Ramadhan tahun 2024M/1445H, merupakan puasa Ramadhan yang pertama bagi ananda Irsyad di rantau. Sejak mondok di Ash Shiddiiqi kelas 7 SMP, sebenarnya sudah terbiasa menunaikan ibadah puasa jauh dari keluarga. Tidaklah berlebihan, jika secara mental sudah terlatih dan terbiasa, karena dari kelas 7 SMP sampai kelas 12 tinggal di asrama.

Suasana berbuka dan sahur saat di asrama ada kemiripan dengan saat berada di rantau. Sama-sama tidak bersama keluarga di rumah. Apalagi selama berada di asrama, sangat jarang ada komunikasi. Karena ada aturan yang harus ditunaikan, baik oleh santri, maupun orang tua siswa alias wali santri

Lalu perbedaannya dengan yang sekarang, letaknya dimana ya. Tentu saja ada. Saat berada di pondok, waktu untuk berkomunikasi dengan orang tua siswa terbatas, tapi masih bisa dikunjungi, atau jika saat Ramadhan bisa mengirimkan paket untuk takjil dan sahur. Sementara sekarang, letaknya yang sangat jauh. Kedua orang tua berada di Indonesia, sementara anaknya berada di benua Afrika.

Selain jaraknya yang jauh (Cairo, Mesir), juga terjadi perbedaan waktu yang cukup lumayan. Enaknya, dalam kondisi apapun masih bisa berkomunikasi setiap waktu. Begitu juga dengan berbuka puasa. Sebelum menuju tempat tidur, menyempatkan diri berkomunikasi dengan anak bujang yang sedang sekolah di Al Azhar, Cairo. Saat Indonesia menunjukkan jam 22.30, di Cairo anak bujang sedang berkumpul di Masjid di Kampus Al Azhar, Cairo. Mayoritas Mahasiswa (apalagi mahasiswa perantau), akan memenuhi Masjid di Kampus Al Azhar, guna mengikuti kegiatan Buka Puasa Bersama di Masjid.

Mereka disana juga mulai berpuasa pada hari Senin, 11 Maret 2024. Setiap waktu, bisa mengikuti perkembangan anak bujang di Cairo. Jauhnya jarak, telah dibantu oleh teknologi untuk menjadi makin dekat. Sebelum berbuka, sejenak menanyakan keadaannya disana. Ternyata, selama bulan Ramadhan setiap tahunnya, kegiatan buka puasa bersama di Masjid adalah sebuah tradisi. Selain menunggu masuknya waktu berbuka, mereka juga sekaligus mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan. Karena para ahli ilmu senantiasa mengisi kajian sebelum berbuka.

Selamat menunaikan ibadah puasa abang dan teman-teman di sana, terutama sesama alumni Pondok Pesantren Ash Shiddiiqi, Jambi. Semoga dapat menunaikan ibadah dengan sempurna. Teruslah berjuang menuntut ilmu di negeri para Nabi dan Rasul. Insya Allah senantiasa dimudahkan jalannya, sebagaimana Rasulullah sampaikan. Aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin.

***

~~ Mendalo Mas, 150324 ~~

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masya Allah, luar biasa bujangnya Mas Bagus, sedekat itu rupanya wilayah merantaunya. Semoga sukses dan berkah Mas Bagus dan si Bujang.

15 Mar
Balas

Aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin. Terima kasih banyak Mas gagah. Sukses selalu

16 Mar

Ulasan yang indah. Rindu itu terobati sedikit. Smg Ananda sukses dunia akhirat.

18 Mar
Balas

Semoga berkah ilmunya dan pulang ke tanah air membawa kesuksesan.

15 Mar
Balas

Aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin. Terimo kasih banyak Uni. Sukses selalu

16 Mar

Masyaalloh... keren...sehat selalu

15 Mar
Balas

Terima kasih banyak Mbak. Sukses selalu

16 Mar

Aamiin Yaa Allah, Barakah ilmunya ya nak Irsyad. Sehat dan sukses selalu Dik Burhan sekeluarga.

15 Mar
Balas

Aamiin. Terima kasih banyak Mbakyu. Sukses selalu

16 Mar

Menginspirasi pak Burhani

15 Mar
Balas

Terima kasih banyak Mas senior. Sukses selalu

16 Mar

Keren banget, sukses selalu untuk Bapak

15 Mar
Balas

Terima kasih banyak Pak Su. Sukses selalu

16 Mar

Jauh dimata dekat dihati uda..

15 Mar
Balas

Batua bana Uni. Terimo kasih banyak dukungannyo Uni. Sukses selalu

16 Mar

Slmt menjalankan ibadah puasanya mas gr & kelg. Semoga lancar & membawa keberkahan bg semua meski anak bujang ada di Kairo.

15 Mar
Balas

Aamiin. Terima kasih banyak Oma gaul. Sukses selalu

16 Mar

Amin Amin Amin. Sukses selalu buat Abang.

15 Mar
Balas

Aamiin. Terima kasih banyak Mbakku. Sukses selalu

16 Mar

Amin. Mantap ulasannya, Pak. Semoga sukses!

15 Mar
Balas

Aamiin. Terima kasih banyak Mbak. Sukses selalu

16 Mar

Subhanallah, Adik Irsyad luar biasa harus betah di negeri nun jauh disana untuk menempuh keilmuan, doa terbaik utk adik Irsyad, sukses mas Burhani punya anak sholih

15 Mar
Balas

Aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin. Terima kasih banyak Mas ustadz. Sukses selalu

16 Mar

Luar biasa ulasannya

17 Mar
Balas



search

New Post