Burhani Abu Bakar Arsyad

Dilahirkan Oktober 1975 (dulu bintang Libra : 23 September-22 Oktober, sekarang menjadi Virgo : 17 September-30 Oktober) dari keluarga yang sanga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Selalu Ada Cerita Bersama Mereka

Selalu Ada Cerita Bersama Mereka

Tantangan Hari ke-1535

#TantanganGurusiana-5

(Bagian 6)

***

Keberhasilan tim Astronomi ke tingkat nasional di Kota Makassar, tidak dengan mudah diraih. Karena sebelum seleksi tingkat Provinsi dilaksanakan, Juli NS yang mewakili sekolah, sudah merasa kalah sebelum bertanding. Karena peserta dari beberapa sekolah di Kota Jambi, menjadi pemenang pada ajang lomba di sebuah universitas negeri terkemuka di daerah ini. Juli NS hanya menjadi juara harapan 2. Kecemasan itu sangat wajar.

Namun dengan dorongan dari pembina, bahwa hasil dari lomba tersebut tidak menjadi jaminan, nantinya saat seleksi OSP otomatis menjadi yang terbaik. Dengan optimisme yang terus ditanamkan, akhirnya hasil seleksi OSP tidak mengecewakan, Juli NS mampu menjadi yang terbaik, sekaligus mengantarkan guru pembinanya otomatis mendapat kesempatan berangkat menjadi pendamping.

Suasana bahagia itu tidak berlangsung lama, saat upacara pelepasan keberangkatan terjadi kecelakaan. Sang pembina justru menghancurkan harapan dan semangat anak. Ucapan yang tak pantas itu sampai sekarang masih membekas di hati. Kata-kata cabang yang lolos ke tingkat nasional adalah Astronomi yang bukan cabang bergengsi. Itu benar-benar sangat menyakitkan.

Sebagai pembina tentu saja memberikan perlawanan atas kata-kata tersebut. Memaafkan? Tentu saja, tapi takkan pernah bisa dilupakan (Forgive but Not Forget). Dari sekian banyak yang sudah dilakukan, tapi yang didapatkan bukan apresiasi, tapi melukai dan menjatuhkan.

Siswa yang berhasil lolos tersebut akhirnya meminta izin untuk pulang ke rumah (izin bermalam), demi menenangkan diri dan sempat terucap untuk membatalkan diri berangkat ke Kota Makassar. Sakit yang dirasakan oleh siswa, demikian juga yang dirasakan oleh sang guru pembina.

Belajar dari pengalaman itu pula, akhirnya sebagai guru yang selalu membersamai kegiatan pembinaan kepada anak-anak, untuk tidak ada lagi acara pelepasan kontingen Olimpiade Sains yang lolos ke tingkat nasional. Berbagai alasan disampaikan kepada pihak sekolah. Demikian juga saat kepulangan dari kegiatan lomba. Tidak pernah sekalipun meminta bantuan sekolah untuk menjemput dan mengantarkan siswa ke bandara.

(Bersambung)

***

~~ Mendalo Mas, 300324 ~~

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih banyak Mbak Kepsek. Sukses selalu

31 Mar
Balas

Luka hati akan membekas selamanya. Perjuangan luar biasa. Guru dan siswanya luar biasa. Sukses selalu, Pak

30 Mar
Balas

Hatur nuhun pisan Teh. Sukses selalu

31 Mar

Mantul....sehat dan sukses selalu

30 Mar
Balas

Terimo kasih banyak Uni. Sukses selalu

31 Mar

Sangat menginspirasi pak Burhani. Luar biasa

30 Mar
Balas

Terima kasih banyak Mas senior. Sukses selalu

31 Mar

Beda skrng ya Mas Gr. Cabang lomba Tari, Pencak Silat, Solo Vokal, Kriya anyam, pantomim, semua adalah cabang bergengsi sesuai kompetensi mrd.

30 Mar
Balas

Sepakat Oma gaul. Setiap cabang pasti bergengsi. Cuman pihak-pihak tertentu saja yang suka membedalan satu dengan yang lainnya. Sukses selalu

31 Mar

Semoga berhasil menjadi juara

30 Mar
Balas

Terima kasih banyak Abangku. Sukses selalu

31 Mar

Semoga sang pembina lebih bijaksana nantinya dan mengakui kesalahannya. Sukses selalu Pak Burhani.

30 Mar
Balas

Terima kasih banyak Mbak Kepsek. Sukses selalu

31 Mar



search

New Post