ZULKIFLI

Guru Bahasa Arab MAN 3 Solok, Sumatera Barat ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Daring, Dering, Kring-Kring

Pada hari Kamis tanggal 16 Juli 2020, MAN 3 Solok Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Matsama secara daring melalui grup Whastapp yang diikuti oleh 142 siswa baru. Penulis sendiri diberikan amanah sebagai salah seorang panitia yang bertanggung dalam hal absensi siswa secara online sekaligus sebagai moderator pada hari berikutnya.

Ini adalah pengalaman pertama bagi kami para panitia dan juga siswa tentunya. Biasanya kegiatan Matsama ini dilaksanakan di sekolah. Tetapi dengan adanya pandemi Covid-19 ini, maka kegiatannya dilaksanakan secara online. Panitia menyelenggarakan kegiatan dan penyampaian materi dari sekolah, sedangkan siswa mengikutinya dari rumah masing-masing.

Dalam pelaksanaannya, ada saja hal-hal yang membuat kami kadang tertawa sampai semaput atau malah kening berkerut. Mungkin, karena di antara siswa itu masih ada yang baru menggunakan hp berbasis Android, maka mereka masih terlihat sedikit gaptek. Walaupun secara umum mereka sudah bisa menggunakkannya dengan baik. “Inilah salah satu tantangan kita dalam melaksanakan proses pembelajaran di rumah nantinya” gumam seorang guru.

Pagi itu, sekitar jam 06.30 WIB, link absen melalui Google Formulir pun penulis kirimkan di grup WA Matsama 2020 MAN 3 Solok. Beberapa saat kemudian, hp penulis pun tak henti-hentinya berdering, “kring-kring-kring”. Karena di serbu oleh serangkaian notifikasi pesan dari berbagai grup WA termasuk grup WA Matsama tersebut. Ternyata ada sedikit kekeliruan dalam formulir itu. “Terima kasih, Ananda sudah mengingatkan ustaz. Maaf ya, karena ‘ustaz juga manusia’. Segera ustaz perbaiki ya.” Begitulah balasan dari penulis ketika diingatkan oleh salah seorang siswa milenial yang yang kritis sekaligus humoris.

Setelah linknya diperbaharui dan dikirimkan kembali ke grup tersebut, hp penulis pun dihujani notifikasi lagi. Kali ini karena ada beberepa siswa yang mengkonfirmasi di grup maupun chatt pribadi setelah mengisi absen. Ada juga yang juga yang terkendala karena jaringan yang kurang bersahabat. Ada juga yang masih belum bisa mengisi karena sudah tak ingat password akun gmail-nya. Walaupun sudah dijelaskan cara me-reset password-nya, ternyata masih ada yang belum bisa. Bahkan masih ada beberapa orang yang terkendala karena memang belum memiliki hp Android sendiri. Sehingga harus meminjam milik sahabat dan karib kerabat terdekat.

Kami para guru pun tercenung juga. Bagaimana nanti dengan proses belajar mengajar yang harus dilakukan secara daring. Masih mendingan juga kalau mereka yang tidak bisa daring itu tinggal tidak jauh dari madrasah. Kalau mereka jauh, tentu akan menambah biaya lagi. Hmmm... mungkin ini adalah fenomena baru BDR (Belajar dari rumah) yang pasti terjadi juga di sekolah lain. Karena memang topografi daerah kita yang bermacam-macam. Tak seluruhnya memiliki akses internet yang memadai. Keadaan siswa pun demikian, tak seluruhnya memiliki hp Android, walaupun agak satu dalam satu keluarga. Kalau pun ada, pasti akan kesulitan juga, kalau hp yang satu itu dipakai oleh beberapa orang sekaligus karena sama-sama membutuhkan. Baik untuk belajar, kerja, maupun sekedar untuk sarana berkomunikasi. Semoga saja ada jalan keluar yang cemerlang nantinya.

Solok, 17 Juli 2020

Zulkifli, S.Pd.I

MAN 3 Solok-Sumater Barat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

semangat pak

17 Jul
Balas

Aamiin, semangat terus Cikgu

03 Aug
Balas

semangat terus pak, meskipun belajar daring . salam

17 Jul
Balas

Terima Kasih atas kunjungannya buk...

17 Jul
Balas

Semoga pembelajaran daring kita nantinya bisa berjalan dengan baik dan lancar

17 Jul
Balas

Mantap cerita nya pak

17 Jul
Balas

Menarik ceritanya bu

17 Jul
Balas



search

New Post