Chadidjah

Saya bertugas di SDN TEBET TIMUR 17 , JAKARTA SELATAN. Saya terinspirasi oleh salah seorang nara sumber dari kegiatan WEBINAR JABODETABEK, Dr .ASEP SUTISNA SANJ...

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU MERDEKA BERKARYA ,INOVASI TIADA HENTI

GURU MERDEKA BERKARYA ,INOVASI TIADA HENTI

GURU INDONESIA MERDEKA BERKARYA MERDEKA BERINOVASI

                        Sering kita mendengar atau membaca kalimat , “Guru adalah ujung tombak pendidikan “. Itu artinya seorang guru memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan pendidikan. Maju mundurnya pendidikan ada ditangan guru. Untuk menjadi  guru yang bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik

tentunya seorang guru membutuhkan banyak bekal pengetahuan ,sikap ,dan ketrampilan yang harus dicari, dilatih dan diasah menjadi sebuah pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni. Semua itu dapat diperoleh tentunya harus usaha dari guru itu sendiri untuk terus belajar mengasah kemampuan diri.

 

                        Saat ini banyak pelatihan – pelatihan yang dapat mengembangkan keamampuan seorang guru. Misalnya dengan mengikuti webinar yang contentnya tentang cara meningkatkan pembelajaran di kelas, atau peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pada guru itu sendiri. Salah satu contoh komunitas yang dapat mewadahi guru – guru tuk bisa meningkatkan kreativitasnya adalah di webinar sagu –sabu. Disini guru –guru dilatih tuk bisa mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menulis. Menulis apa saja yang diinginkan . Mulai dari pengalaman pribadi, hobi, pendidikan ,kesehatan ,informasi ilmiah. Memang awalnya kami (guru –guru) bingung hendak menulis apa. Tapi di komunitas sagusabu ini bisa menghipnotis guru – guru tuk memiliki kebiasaan menulis. Disini kami (guru –guru ) bebas menuangkan ide dalam tulisan tanpa harus merasa khawatir tulisan ini layak atau tidak layak tulisannya dibaca seseorang. Karena atmosfer inilah yang bisa memotivasi kami tuk mau memulai berkarya dalam membuat tulisan.

                       

                        Moment ini juga saya mencoba memberikan sebuah ide atau gagasan untuk kemajuan sekolah tempat saya bertugas, yakni di SDN TEBET TIMUR 17. Saya ingin memajukan perpustakaan yang ada. Kondisi perpustakaan yang tidak pernah dijamah menjadi tempat yang menyenangkan buat seluruh keluarga besar SDN TEBET TIMUR 17, terutama siswa siswinya. Memang baru separuh jalan perpustakaan ditangani oleh saya dan 2 rekan guru lainnya. Tapi sebenarnya ada program saya yang belum terlaksana karena terhalang Covid -19 ,saya hendak mengusulkan ada kegiatan literasi disekolah sebelum siswa – siswi masuk kelas . Mereka dapat mengaktualisasikan diri dengan :

1.    bercerita

2.    membacakan puisi  

3.    membacakan pantun

Adapun untuk memulainya dapat diawali dari guru – guru . Atau jika tidak ada diantara guru , saya bersedia memulainya. Adapun harapan saya dengan program ini dapat melatih guru dan siswa tuk terus belajar. Dan sepertinya seru , karena dengan kegiatan ini baik guru dan siswa dapat mengexplore bacaan yang diperoleh menjadi sebuah skill lain yaitu berbicara.

                        Meskipun belum terlaksana , apa yang saya cita citakan ,saya tetap yakin ini menjadi awal yang baik. Semoga Covid cepat berakhir dan semoga saya dapat mewujudkan impian atau cita cita tersebut.

 

Nama                                      :           Chadidjah

Tempat tanggal lahir :           Jakarta 1 Januari  1972

Jabatan                                  :           Guru

Instansi                                   :           SDN TEBET TIMUR 17

Alamat email                         :           [email protected]

Nomor WA aktif                     :         085775699671

 

                                   

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post