Chadidjah

Saya bertugas di SDN TEBET TIMUR 17 , JAKARTA SELATAN. Saya terinspirasi oleh salah seorang nara sumber dari kegiatan WEBINAR JABODETABEK, Dr .ASEP SUTISNA SANJ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hikayat 1001 Malam

Hikayat 1001 Malam

Sewaktu membuka blog Gurusiana pada bagian setting ,terpampang poin saya dengan nilai 1001. Melihat poin saya tersebut jadi teringat kalimat "Hikayat 1001 Malam". Sebenarnya jujur sayapun belum tahu ceritanya, hanya mendengar sekilas judul cerita 1001 malam . Karena ada rasa ingin tahu maka mulailah saya mencoba browsing lewat gooogle.

Dalam rangkuman "Hikayat 1001 Malam " dikisahkan ada seorang raja yang kecewa karena dikhianati oleh istrinya yang menduakan cinta sang raja dengan pengawal kerajaan . Sang raja sangat murka karena kesetiaan yang selama ini dijaga ternyata dikhianati. Hingga akhirnya sang raja memberikan hukuman mati terhadap istrinya dan pengawal kerajaan tersebut. Tapi ceritanya tidak selesai sampai disitu. Sang raja masih menaruh dendam terhadap semua wanita . Setiap wanita dianggapnya tidak berbudi. Sehingga setiap sang raja menikahi seorang wanita selalu diakhiri dengan kematian terhadap wanita yang dinikahinya. Keadaan ini membuat rakyatnya menjadi khawatir dengan kondisi seperti ini bagaimana seandainya hal ini tejadi pada keluarga mereka. Setelah hampir habis wanita terbunuh oleh raja yang kejam , sampailah giliran anak menterinya. Sang menteri sangat sedih karena jika ia tidak bisa mencarikan wanita tuk dinikahi raja dan kemudian dibunuhnya maka anak wanitanyalah yang harus diberikan. Melihat ayahnya bersedih ,putri sang menteri yang bernama Syahrazat,mengusulkan kepada ayahnya supaya dia saja yang diserahkan kepada sang raja. Putri Syahrajat ini berniat mengajak raja pada jalan kebaikan. Ia ingin meyakinkan raja bahwa masih ada istri yang setia di dunia ini dan tak semua wanita bersifat ingkar. Keinginannya itu diungkapkan pada ayahandanya. Tentu saja ayahnya keberatan karena takut nasibnya sama dengan wanita lain yang setelah dinikahi akan mendapat hukuman mati. Akan tetapi sang putri mencoba meyakinkan ayahnya bahwa dia dapat menjaga diri dan Allah senantiasa bersama mereka yang berada dalam kebenaran.

Setelah putri Syahrazat dinikahi raja ,seperti biasa menjelang shubuh raja mengeluarkan keris mautnya tuk menghabisi Syahrazat. Dengan nada yang lembut Syahrazat mengungkapkan keinginannya , " Wahai raja yang bijak sebelum engkau menghabisi nyawaku ,izinkan aku tuk

membawakan sebuah cerita". Karena sang raja memang suka mendengarkan cerita makaa keinginan sang putripun dikabulkan. Kemudian mulailah sang putri bercerita dengan penuh ekspressi sehingga sang raja ikut terbawa hanyut akan cerita sang putri. Karena terlalu panjang dan belum selesai maka raja memintanya bercerita pada malam hari. Dalam setiap cerita selalu terdapat cerita yang sangat menarik . Karena sangat menariknya cerita tersebut maka raja selalu memintanya dilanjutkan pada malam berikutnya . Keadaan itu berlangsung selama 1001 malam . Karena kesabaran sang putri akhirnya dapat merubah sifat sang raja yang tadinya bengis dan kejam menjadi penyayang. Sang raja menyadari bahwa sang putri adalah wanita yang berbudi dan layak dicintai. Selama cerita 1001 malam berlangsung , maka lahirlah anak raja atas perkawinannya dengan putri Syahrazat. Rajapun sangat sayang kepada putranya dan memutuskan akan menjadikan putri syahrazat sebagai permaisurinya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bucantik, sehat dan sukses selalu

29 Oct
Balas

terima kasih bunda Elvina atas kunjungannya

11 Nov

Tulisan keren Bunda. Semangat berliterasi, semoga sukses selalu. Amin.

14 Sep
Balas

terima kasih pak Edi atas kunjungannya, salam literasi

11 Nov

Trimakasih bu Yenti atas supportnya

09 Sep
Balas

Terima kasih atas kunjungannya bunda Hartuti

11 Nov
Balas

Wow mantap ibu..semangat dan sukses selalu

09 Sep
Balas

Keren bu ....lanjutkan

10 Sep
Balas

Bunda Yelli yg keren bs tiap hari berkarya

10 Sep

Terimakasih ilmunya Bunda, sangat bagus dan menginspirasi .. salam literasi

09 Sep
Balas

Terimakasih atas kunjungan nya bunda

10 Sep

Keren bunda..sukses selalu buat bunda. Salam literasi. Sudah saya follow bunda cantik..follow balik ya bun..

03 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya bunda Hartuti

11 Nov



search

New Post