Chadijah Masli,S.Pd

Chadijah Masli, S.Pd., lahir di Baroko, Kabupaten Enrekang pada 3 November 1972. Penulis menyelesaikan pendidikan di SDN 120 Baroko tahun 1985, SMP Negeri ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bawang Goreng Kriuk (Tagur ke-223)

Bawang Goreng Kriuk (Tagur ke-223)

Bawang merah adalah salah satu jenis bumbu dapur. Selain jadi bumbu dapat pula dijadikan sebagai obat. Bawang merah boleh digunakan saat masih mentah, boleh juga digoreng terlebih dahulu.

Makan ikan bakar tentu sangat lezat jika kita membuat cobek-cobek ( lombok dan tomat yang ditumbuk dengan garam) yang ditambahkan dengan bawang merah diiris tipis-tipis lalu beri sejumput gula.

Bawang merah yang sudah dihaluskan. Boleh digoreng terlebih dahulu, tetapi boleh juga dimasukkan langsung ke dalam masakan. Semua tergantung dengan selera orang yang memasak.

Masakan yang kita buat. Rasanya tidak lengkap jika tanpa bawang goreng. Namun terkadang kita lupa menggoreng bawang. Apalagi jika memasak dengan terburu-buru.

Agar masakan kita selalu lengkap dengan bawang goreng. Sebaiknya kita menyediakan bawang goreng untuk digunakan sampai beberapa hari. Bahkan bisa sampai berbulan-bulan. Akupun melalukan hal seperti itu. Bawang gorengnya bisa kita beli dan lebih bagus lagi jika kita olah sendiri. Apalagi di bulan Ramadhan seperti ini tidak repot lagi jika sudah ada yang disiapkan.

Membuat bawang goreng tidaklah sulit. Yang penting ada usaha untuk membuatnya. Pembuatannya pun tidak terlalu lama. Namun terkadang jika kita membuatnya tidak garing. Sehingga jadi malas membuat sendiri.

Berikut ini saya berbagi tips membuat bawang goreng agar terasa kriuk-kriuk. Langkah yang harus kita lakukan adalah :

1. Siapkan bawang merah kemudian kupas lalu dicuci bersih

2. Ambil pisau lalu iris tipis-tipis, jangan sampai ada yang terlalu tebal. Boleh juga gunakan alat pengiris bawang.

3. Sebelum digoreng taburkan sedikit terigu lalu aduk-aduk menggunakan sendok hingga terigunya merata.

(kegunaan terigu selain membuat bawang merah kriuk juga mempercepat proses matang penggorengan)

4. Panaskan minyak goreng, masukkan bawang merah. Aduk-aduk merata. Jangan lupa nyala apinya dikecilkan.

6. Kalau sudah berubah warna agak kecoklatan, matikan apinya lalu diangkat menggunakan irus

7. Tiriskan lalu simpan diwadah yang dialasi kertas, agar minyak tidak meresap.

8. Bila bawang gorengnya sudah dingin. Masukkan dalam wadah lalu tutup rapat. Boleh menggunakan toples kaca dan boleh juga plastik. Agar lebih tahan lama masukkan bawang merah yang ada di dalam toples tadi ke dalam preezer.

Selamat mencoba!

✍️

Luwu, 12042021

Tagur ke-223

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya

12 Apr
Balas

Makasih dah mampir bu Fitriany. Salam sukses

13 Apr



search

New Post