Christopher Verrell Raharja

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kehadiran Teknologi Didunia Pendidikan

Apakah kalian pernah menggunakan teknologi saat belajar? Saya yakin mayoritas dari kalian akan menjawab, ya. Mungkin juga banyak diantara kalian yang menggunakan teknologi dan merasa terbantu dengan adanya teknologi saat belajar. Misalnya dalam menulis suatu tulisan, kita tidak perlu lagi repot repot menulis kita bisa mengetik di gadget kita dan bisa juga kita menggunakan teknologi text to speech yang membuat kita hanya perlu berbicara dan mendapat tulisan yang sudah terketik dengan rapi. Contoh lainnya kalkulator yang membuat semangkin efesiennya pembelajaran matematika. Walau sebenarnya kita tidak boleh mengandalkan kalkulator sepenuhnya. Tetapi hal ini dapat membantu menyelesaikan operasi operasi penghitungan dengan melibatkan angka yang cukup besar dan menghemat waktu penghitungan.

Tak dapat dipungkiri teknologi sudah membantu banyak orang dalam dunia pendidikan. Saya sendiri sangat terbantu dengan kehadiran teknologi di dunia pendidikan. Saya adalah seseorang yang menyukai gaya belajar video dan audio. Dengan hadirnya video pembelajaran di internet, itu membantu saya untuk belajar dengan lebih efesien. Saya dapat mereview apa yang saya pelajari disekolah dan saya bisa mendapat banyak latihan soal yang memudahkan saya dalam mempersiapkan ujian di sekolah.

Mungkin kalian juga sama seperti aku yang sangat terbantu dengan kehadiran teknologi didunia pendidikan. Terutama disaat pandemi. Teknologi berperan penting, dengan bantuan teknologi kita masih dapat bersekolah walau secara daring. Melalui media internet juga mungkin banyak dari antara kalian yang dapat mengembangkan minat dan bakat melalui video video tutorial yang membuat kita bisa melakukan apapun yang kita mau.

Memang teknologi belum dapat menyaingi aktifitas pendidikan secara langsung. Misalnya dalam bersekolah secara online. Belajar secara daring benar benar membosankan, efesiensi dari pembelajaran daring juga perlu dipertanyakan serta pendidikan karakter tidak semaksimal dan seefesien sekolah offline. Meskipun demikian, belajar secara daring dengan menggunakan teknologi dapat dijadikan opsi kedua. Apabila ada keadaan mendesak seperti contohnya pandemi covid 19 kemarin.

Namun kendati demikian kehadiran teknologi juga bisa berdampak buruk. Dengan adanya dunia internet, banyak pelajar yang “terjebak” dan kecanduan dengan berbagai hal di internet. Seperti game, medsos, video porno dan hal hal yang bertentangan dengan nilai norma sosial dan spiritual. Sehingga kehadiran orangtua dalam memantau aktifitas anak di internet sangat penting. Kehadiran aplikasi seperti family link yang dapat mengatur jam tidur anak, batas penggunaan smart phone dan fitur penyaring konten dapat membantu orang tua untuk mengawasi aktifitas anak di internet.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa, teknologi dapat sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia pendidikan. Akan tetapi apabila tidak di manfaatkan dengan baik juga dapat menjadi boomerang tersendiri. Karena di internet banyak konten merusak yang dapat merusak kehidupan seseorang selamanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post