chustini

Chustini, M.Pd Guru TK Al-Azhar Kid's World Kota Malang. Menjadi guru TK sejak th 1998 Pendidikan terakhir S2 Dikdas konsentrasi PAUD. Ket...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dua Malam di Pendhem Ngeri-ngeri Sedap

Dua Malam di Pendhem Ngeri-ngeri Sedap

Dua Malam di Pendem Ngeri-ngeri Sedap

Keren.. Mengikuti MWC (Mediaguru Writing Camp) di P4TK PKn dan IPS yg diselenggarakan oleh Mediaguru sangat seru. Bagaimana tidak seru? Banyak kejadian-kejadian yang diluar dugaan. Surprise dr sponsor, jumpa teman lama ala facebook alias lama kenal tapi baru ketemu. Dari seluruh pelosok negeri berkumpul di satu tempat.

Seruuu…diisini ni serunya, selfi ga pernah habis, makan bareng, diskusi bareng, tidur bareng, ke kamar mandi tidak usah bareng. Heheheh…. Ngobrol sanru, santai tapi seru. Ngebakso rame-rame ke pusatnya, Bakso Presiden. “Mak nyus ..” kata yg dari luar daerah.

Baru kali ini mengikuti diklat yang santai tapi bermakna. Kenapa? Tidak ada formalitas. Tidak ada penekanan meski di paksa harus selesai. Belum punya naskah tidak dimarahi. Belum bisa menulis dibimbing. Tidak khawatir dengan semua aturan yang ada. Kegiatan yang menguras tenaga tapi dijalani dengan santai. Menulis sambil sesekali ngrumpi dengan teman di kamar

Tulisan yang dibuat masing-masing peserta tidak sama tapi bisa diskusi bersama-sama. Aneh ya? Sebetulnya hal itu tidak aneh bagi peserta, karena topik diskusi bisa apa saja dan dimana saja. Mau di masjid, di lobby, di halaman, atau di kamar juga ok. Tidak dibatasi harus dimana diskusinya. Masuk ruangan belajar lanjut lagi sampai malam sah-sah saja.

Apa yang sebenarnya dicari dari kegiatan MWC ini? Bagi saya yang pemula, belum akrab dengan kegiatan tulis menulis maka kegiatan seperti inilah yang bisa membantu saya menjadi bisa menulis. Dan tidak tanggung-tanggung yang ditulis, buku.

Tak terbayangkan oleh saya bagaimana cara menulis buku itu? Sudah tampak dipikiran saya tumpukan kertas yang tebal dan tulisan yang aduhai banyaknya. Mampukah? Dengan niat yang kuat dan bacaan Bismillah saya yakin mampu dengan kekuatan yang diberikan Allah. Keyakinan itulah yang mendorong saya untuk mengikuti MWC. Berpikir positif demi sebuah keberhasilan. Bersama teman-teman hebat bisa ikut menjadi hebat. Insya Allah…..

Hari pertama pembukaan diawali oleh MC yang cute. Kemudian dilanjut oleh CEO Media guru yang low profile. Dan diakhiri oleh Kapus P4TK PKn dan IPS dengan ketenangan dan petuah-petuahnya yang sangat menginspirasi. Tiga orang keren bergabung jadi satu di dalam ruangan yang sama. Peserta yang hadir terkesima dan terbius oleh ucapan beliau bertiga.

Hari kedua ada pembekalan dan penjelasan pihak Mediaguru dan berakhir tengah hari. Setelah itu peserta bebas berkreasi. Ada yang lanjut menulis, ada yang kuliner dan ada yang cuci mata di sekitar Malang Raya. Malam minggu hujan tidak menyurutkan langkah mereka yang akan menikmati Malang di malam hari. Saya memilih berdiam diri dalam kamar sambil mencari inspirasi tulisan yang sudah diberi draf oleh pak RT.

Maghrib merenung di masjid sambil memikirkan apa yang akan saya tulis. Sendirian di dalam masjid membuat pikiran terbuka. Pukul 19.30 peserta dikumpulkan lg di ruangan dan mulai menulis lagi sampai pukul 22.30. di tengah-tengan kegiatan malam ada sedikit insiden yang membuat peserta ibu-ibu sedikit panik tapi lewat sudah insidennya dan dilanjut pesta jagung bakar dimalam hari dengan udara khas Kota Batu.

Hari ketiga lanjut menulis lagi, ngebut memenuhi target. Tapi saya belum bisa menyelesaikan tulisan seluruhnya, aahh tidak apa-apa yang penting sudah kirim judul dan sedikit ulasan untuk dibuatkan cover oleh tim Mediaguru. Tulisan belum kelar yang penting covernya nanti selesai. Hihihi..... semangat. Sungguh ngeri-ngeri sedap ketika ditarget ternyata target tidak tepat sasaran.

Malang, 28 Februari 2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan keren, sekeren orangnya. Benar Bu Chustini, MWC di Batu kemarin sangat berkualitas. Semoga pendeman dua malam kemarin akan melahirkan guru-guru hebat. Guru Penulis, Guru berkreativitas yang Tidak merasa berada di zona nyaman saja.

28 Feb
Balas

trimakasih

28 Feb

bunda satu nch,,, emang keren, slow but sure dan Selalu menginspirasi sya. MWC emang mantapsz bund,, semoga pertapaan dua mlm qt menghasilkan buku yg ruar biasa. Buku yg terlahir dr guru" hebat.

28 Feb
Balas

aamiin

28 Mar



search

New Post