Cicik Rahayu

Saya hanya seorang guru biasa. Mengajar di sekolah swasta Surabaya. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Prihatin
Pinterest

Prihatin

Hitam putih, baik buruk, benar salah dan sejenisnya merupakan dua sisi yang ada dalam kehidupan. Mengapa ada orang baik dan jahat, ada orang periang dan pendiam, ada orang malas dan rajin? Semua ada demi sebuah keseimbangan, saling melengkapi. Itulah pembelajaran dalam kehidupan. Semua tergantung pilihan diri, mana yang akan dijalani.

Saat ini sekolah sedang berlangsung Sumatif Akhir Semester (SAT). Di awal pelaksanaan SAT, guru sudang menggaungkan nilai karakter kepada seluruh siswa. Di antaranya, belajar rajin, jujur dan senantiasa berdoa. Apakah semua siswa melakukan himbauan tersebut? Jawabannya, tidak.

Nampaknya nilai kejujuran belum seluruhnya menjalani. Hal ini terbukti, ada anak tidak jujur dalam mengerjakan soal SAT. Oh, my God.

Sekolah menggunakan LMS Moodle untuk SAT. Sistem sudah diseting sedemikian rupa hingga siswa tak bisa akses aplikasi lain. Selain itu, LMS hanya bisa digunakan satu user, artinya jika siswa sudah login, LMS tak bisa diakses orang lain. Faktanya, sekolah kecolongan. Teridentifikasi, ada user yang login dari luar area sekolah. Teman? Guru les? Atau orang tua? Ambyaaar… wes. Prihatin, jadinya.

Menjadi pembelajaran buat kita semua. Sebagus apapun benteng teknologi yang kita buat, kalau niat hati tidak baik, pasti bisa ditembus. Semoga tak terjadi di tempat lain.

Salam bahagia.

SBY240523

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Irulah kenyataan yang harus dihadapi oleh guru. Bisa jasi karena terobsesi jadi siswa pintar, lalu menghalalkan segala cara, sing penting nilanya apik.. hehe

24 May
Balas

Duh, ikut prihatin, Bun. Sudah dikemas serapi mungkin, yang curang lebih canggih lagi ya. Smg tak terulang lagi. Smg sukses selalu, Bun

24 May
Balas

Artinya kejujuran semakin langka di negeri ini. Pendidikan karakter dalam IKM itu bagus namun implementasinya masih jauh dari harapan.Bagaimana bunda?Salam sehat dan sukses selalu bunda.

24 May
Balas

Luar biasa Bunda penuh inspirasi dan mencerahkan

24 May
Balas

Aamiin. Demi nilai orang rela untuk berbuat curang

24 May
Balas

Pihak tak bertanggung jawab masih saja berkeliaran di sekitar kita. Semoga mereka segera taubat ya bund.

25 May
Balas

Pihak tak bertanggung jawab masih saja berkeliaran di sekitar kita. Semoga mereka segera taubat ya bund.

25 May
Balas

Bgtlah bunda. Nilai kejujuran spt tdk dihargai.

24 May
Balas

Benar Bu Cicik, dunia pendidikan kita saat ini memprihatinkan

24 May
Balas

WH ternyata masih gampang diakali ya Bund. Tapi sejatinya ya karena nilai kejujuran blm menjadi karakter masyarakat kita. Sukses selalu Bunda...

27 May
Balas

Rasanya saat ini kejujuran begitu mahal, sangat sulit untuk menggapainya.Guru dihadapi dengan sejuta problema. Sukses selalu Bu... ulasannya mantap.

24 May
Balas

Ulasan yang bermanfaat. Semoga selalu sehat dan sukses.

24 May
Balas

Ada saja yang masih nekat demi mendapat nilai tinggi. Kejujuran makin mahal ya Bunda.

24 May
Balas



search

New Post