Corona

Corona Kristin hariwurdani Guru Sejarah di SMA N 2 Magelang S1 di UNY. S2 di UPY Pendiri PAUD Cerdas Ceria Ketua Yayasan Cerdas Ceria Indonesia Pe...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari ke 2 inti bangsa 2018
Masjid Raya Baiturrahman

Hari ke 2 inti bangsa 2018

Menyajikan bentuk rumah adat dan warga yang mendiami 8 etnis 13 bahasa daerah ada di banda aceh. Keragaman hayati ditampilkan. Hamzah Fansuri seorang penulis sederhana, nuruddin ibnu ali ibn hasanji seorang sarjana dari gujarat. Sultan alauddin sayid maulaba abdul aziz syah sultan pertama kerajaan perlak.yang oemudian menjadi bagin dari kerajaan samidera pasai sultanah 1 bergelar malikah ratu nahrasiyah rawangsa chadiyu. Suktan ali mughayat yang mampu mengalahkan portugis. Sultan al kahhar pwmbawa kemajuan aceh ke internasinal sultan husein kerajaab pisiie atau samaindra puncaknya kejayaan kesultanan aceh.sultan aceh daro tanah melayu iskandar thani 9 tahun ratu safiatuddin perempuan yang menjadi pemimpin sultanah kamalat syah dan sultan alaidib mahmud syah .kerajaan besar di aceh darusalam dari abad 16 - 19. Komplek kadang 12 yng mendirikan kerajan ini. Ada buku panduan di Aceh Utara. Hikayat raja pasai menyebutkan ada kerajaan besar pasai didirikan sultan malik al shalih 1250M. Di kampung lubuk tui ditemukan makam yang lebih tua dan seorang yang berpengaruh 1226M.makam ibnu mahmud tertulis orang bahagia wafat karena berperang karena ada kata syahid. Bukti tersurat dari makam tersebut.makam yang sejaman juga ditemukan adalah orang yang dicintai oleh semua kalayak. Malik al shaleh 1270-1297 M setelah malik al thahir .1290 marcopolo datang. Inskripsi dalam tulisan dipahatkan seseorang yang meninggal cucu ke 5 ratu narasyah binti....bin ....bin.....dinasti sailiniah 1270-1500 selama 250 abad bisa jadi berganti kepemimpinan 25 orang. Sultan zainudin adalah yang terakhir.kerajaan ini musnah karena dikalahkan oleh Portugis.(LSM MaBeSa) fokus nisan - nisan tu hancur karena alam.

Perjalanan kami lanjutkan ke makam Laksamana Malahayati dan benteng di Krueng Raya dan bukit Lamreh, koleksi pepustakaan BPNB Aceh dan magrib di Masjid Raya Baiturrahman, terakhir kembali ke LPMP dan mendengarka etika penulisan sejarah oleh Didik Pradjoko,

Satu yang saya paling ingat bahwa perempuan perempuan Aceh sudah menjadi seorang pemimpin di negerinya sendiri dan seorang pemberani dalam melawan pemberontak..heemmm ternyata ......sultanah sultanah di tanah rencong sangat luar biasa.. Sesuai tema kelompok 5 mengambil nilai kepahlawanan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mari kita pelajari sejarah, dan kita tiru semangat mereka (para pahlawan)

30 Apr
Balas



search

New Post