Cucu Risa Asmarani

Guru SMAN 1 Karawang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Penilaian Produk

Selama belajar dari rumah, pada prinsipnya penilaian tetap berorientasi pada tiga aspek yakni penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Agar penilaian dapat mengajak peserta didik untuk berpikir kritis, inovatif, dan kreatif dalam masa Covid-19 maka salah satu bentuk penilaian yang bisa digunakan adalah penilaian produk. Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19, dinyatakan proses pembelajaran dari rumah dilaksanakan dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna, belajar dari rumah difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, dikembangkan sesuai minat dan kondisi masing-masing.

Penilaian produk adalah penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir.

Tahap penilaian produk dimulai dengan tahap persiapan untuk melihat kemampuan peserta didik dalam merencanakan, menggali, mengembangkan gagasan dan mendesain produk. Kemudian tahap pembuatan produk atau proses yakni penilaian kemampuan peserta didik dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik. Tahap selanjutnya tahap penilaian produk yang dihasilkan peserta didik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Saat belajar dari rumah produk yang sudah dibuat bisa dikirim berupa gambar, poster, foto, video dan file dokumen

Semoga bermanfaat

Kota Padi, 31 Agustus 2020

#Tagur 134

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post