Best Practice Mengikuti Program Profesi Guru Dalam Jabatan 2023 Bidang Bahasa Jawa
Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Dalam Menulis Teks Deskripsi tentang makanan khas Pekalongan, menggunakan media PTT Canva dan media gambar Melalui model pembelajaran PBL ( Problem Based Learning ) Dan pembelajaran TPACK pada peserta didik kelas VII SMP NU KESESI Tahun pelajaran 2022/2023
Lokasi
SMP NU Kesesi, Pekalongan Jawa Tengah
Lingkup Pendididikan
Sekolah Menengah Pertama
Tujuan yang ingin dicapai
Melalui pembelajaran Problem Based Learning, Peserta didik mampu menulis teks deskripsi sederhana tentang makanan atau jajan khas Pekalongan sesuai kaidah dan struktur kebahasaan
Penulis
Cut Kumalahayati, S. Pd.
Situasi :
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah,mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah diantaranya :
1. Minat siswa mempelajari bahasa jawa masih rendah
2. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis masih rendah
3. Rendahnya minat literasi pada peserta didik rendah
4. Alokasi waktu pembelajaran bahasa jawa hanya 2 jam seminggu
5. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik
6. Guru belum menggunakan media pembelajaran berbasis IT yang dapat menarik perhatian peserta didik.
Praktik Baik ini penting dilaksanakan karena dalam pembelajaran bahasa jawa terdapat empat kerampilan yang harus dicapai yaitu membaca, menyimak, berbicara dan menulis. Keterampilan empat tersebut, guru fokus pada keterampilan menulis.
Berdasarkan permasalahan diatas, praktik Baik ( Best Practice ) perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menggunakan model dan strategi yang tepat sehingga mengahasilkan pembelajaran yang inovatif dapat tercapai dengan baik. Penulis berperan sebagai guru mendesain atau merangkai pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks deskripsi secara sederhana tentang makanan atau panganan khas dari Kabupaten Pekalongan dengan memperhatikan kaidah dan struktur kebahasaan.
Tantangan :
Apa saja yangmenjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangan yang dialami dalam mencapai tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut :
1. Guru mempunyai waktu yang sangat terbatas untuk menyusun dan menyiapkan perangkat pembelajaran
2. Keterbatasan sarana dan prasarana kurang memadai seperti sinyal wifi yang tidak terjangkau ke ruang kelas.
3. Ketidakmampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran
4. Kesiapan dan keaktifan pesrta didik dalam pembelajaran baik individu atau mandiri maupun kelompok.
Yang terlibat dalam pelaksanaan Pembelajaran yaitu :
1. Bapak Alifin, S.Pd ( Kepala Sekolah )
2. Peserta didik sebagai target utama
3. Teman sejawat
Aksi :
Langkah- langkah apa saja yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan / bagaimana prosesnya, Siapa saja yang terlibat/ Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.
Langkah- langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah :
1. Mempersiapkan fasilitas atau sarana dan prasarana yang dibutuhkan
2. Mempelajari pembelajaran inovatif
3. Meminta izin kepada Kepala Sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran
4. Meminta saran dari guru senior dan teman sejawat
Langkah-langkah :
1. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL ( problem Based Learning ) berbatuan PTT Canva, media berbagai macam gambar makanan atau panganan khas Pekalongan .
2. Media yang digunakan yaitu guru menggunakan power point canva dalam menyampaikan media pembelajaran.
3. Guru memberikan LKPD yang berisi gambar-gambar makanan atau panganan khas dari Pekalongan untuk dikembangkan menjadi teks deskripsi. Guru terlebih dahulu memberikan materi teks deskripsi, ciri- ciri teks deskripsi, cengkorongan teks deskripsi, langkah- langkah menulis teks deskripsi dengan memberikan contoh teks deskripsi dengan media gambar jajanan khas kepon.kemudian setelah peserta didik membuat kerangka, mengembangkan kerangka menjadi teks deskripsi.
4. Guru memberikan penilaian berupa penilaian sikap dan keterampilan.penilaian sikap dilakukan ketika peserta membuat proyek, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk menilai hasil pembelajaran berupa teks deskripsi tentang makanan atau jajanan khas dari Pekalongan.
Bagaimana prosesnya ?
Proses yang dilakukan dalam pembelajaran adalah :
A.Melaksanakan sintaks model pembelajaran problem Based Learning berbantuan PTT Canva.
Kegiatan Pendahuluan
1. Peserta didik menjawab salam guru
2. Peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan di pimpin salah satu pesertadidik untuk memimpin doa
3. Peserta didik menjawab presensi guru dan kesiapan belajar
4. Peserta didik menyimak capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran ynag kan disampaikan oleh guru
5. Peserta didik menyimak motivasi dari guru
6. Peserta didik menyimak dan merespon apersepsi dengan mengajukan pertanyan yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas
7. Peserta didik menyimak garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilaksanakan.
Kegiatan Inti
1. Orientasi pada masalah
- Peserta didik mengamati materi power point canva tentang teks deskripsi
- Peserta didik mengamati materi teks deskripsi
- Guru menyampaikan langkah-langkah penulisan teks deskripsi
- Peserta didik diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan
2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
- Peserta didik dibagi kelompok oleh guru yang terdiri dari 5-6 peserta didik
- Peserta didik dengan kelompoknya mendapatkan LKPD sebagai bahan untuk mengerjakan tugasnya
- Guru memberikan petunjuk pengerjaan tugas yang ada di LKPD
3. Membimbing penyelidikan
- Peserta didk dibimbing guru memahami petunjk menegerjakan tugas yang ada di LKPD
- Guru membimbin peserta didik dalam langkah-langkah menulis yeks deskripsi secara sederhana berdasarkan gambar yang didapat,dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
- Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas
- Bagi kelompok yang tidak maju, memperhatikan kelompok yang maju ( memberikan tanggapan )
- Peserta didik diberikan reward berupa tepuk tangan bagi selesai presentasi didepan kelas
5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
- Peserta didik yang lain bersama guru memberikan tanggapan atau membahas hasil diskusi yang disampaikan
- Guru mengevaluasi dan menyimpulkan hasil dari kegiatan pembelajaran.
Kegiatan penutup
1. Guru menyampaikan simpulan kegiatan pembelajaran secara singkat sebagai bentuk penguatan materi pembelajaran
2. Peserta didik diberikan kesempatan bertanya jika ada materi yang belum dipahami
3. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah berlangsung
4. Peserta didik diberikan informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
5. Guru dan peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam penutup.
B. Assesment Diagnostik berbasis TPACK dengan geogle from dengan link https://bit.Iy/SoalAssesmenDiagnostik
Siapa saja yang terlibat :
1. Guru dan peserta didik sebagai peran utama dalam kegiatan pembelajaran
2. Teman guru atau teman sejawat
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini :
1. Laptop, LCD, Bahan Ajar, LKPD, power point canva, handphone, kuota yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran,ruang kelas.
Refleksi Hasil dan dampak :
Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan ? Apakah hasilnya efektif ? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan dan ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan ? Apa pembelajaran dari proses keseluruhan
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan yaitu :
1. Menyusun perangkat ajar.
2. Tercapainya kegiatan sesuai dengan tujuan pembelajaran
3. Peserta didik antusias dan bersemangat dalam pembelajaran
4. Peserta didik mampu menghasilkan sebuah teks deskripsi sesuai gambar yang didapat
Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif ?
1. Hasilnya sangat efektif , karena peserta didik sangat antusias saat pembelajaran dari awal sampai akhir sehingga tujuan pembelajran tercapai
2. Peserta didik mampu menghasilkan teks deskripsi yang menarik
Bagaimana respon orang lain terkait strategi yang dilakukan ?
1. Respon kepala sekolah mendukung penuh kegiatan pembelajaran.
2. Teman sejawat sangat antusias, sehingga ingin belajar dan menerapkan model pembelajaran yang telah saya laksanakan
Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu :
1. Dukungan kepala sekolah dan teman sejawat yang telah mendukung dan membantu dari persiapan sampai selesai kegiatan
2. Keinginan untuk mengubah cara mengajar, yang dulu konvensional ceramah menjadi inovatif
3. Berusaha melaksanakan kegiatan dengan maksimal sesuai dengan yang di rencanakan.
4. Peserta didik yang antusias dalam mengikuti pembelajaran
Yang menjadi ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan yaitu :
Sarana dan prasarana yang tidak bisa menjangkau ke semua ruang kelas, misalnya jaringan internet seperti wifi.
Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut adalah :
1. Untuk melaksanakan proses pembelajaran sehari- hari agar lebih disiplin dan terarah
2. Peserta didik lebih tertarik dan fokus dengan model dan media pembelajaran yang inovatif
3. Guru harus berusaha berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman.
v
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar