Damayanti

Guru menjadi luar biasa ketika berhasil mempublikasikan tulisannya. Goresan tinta emas yang terukir sebagai bukti guru tidak pernah berhenti berkarya....

Selengkapnya
Navigasi Web

Membaca Asyik di Perpustakaan Digital

Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital yang bisa diakses dengan komputer. Perpustakaan tersebut menyajikan sejumlah buku yang dapat diakses setiap saat. Berbagai layanan perpustakaan digital dapat sangat membantu para siswa untuk tetap melakukan pembelajaran daring dari rumah

Salah satu perpustakaan digital yang menyediakan buku-buku menarik dan berkualitas bagi anak-anak adalah Room to Read. Salah satu buku yang menarik perhatian saya adalah buku yag berjudul Tupai Pergi ke Sekolah. buku tersebut mengisahkan tentang persahabatan antara seorang anak yang bernam Trang dengan seekor tupai. Trang mengajak sahabatnya ke sekolah. Awalnya sang tupai tidak bersedia. Namun, Trang mampu meyakinkan sahabatnya bahwa sekolah itu mengasyikkan. Meskipun perjalanan menuju ke sekolah Trang sangat sulit, mereka berhasil sampai ke sekolah. Di sekolah Trang, tupai merasa senang bisa bermain. Tupai merasa ingin kembali ke sekolah Trang.

Kesederhaan cerita dalam buku tersebut dapat memotivasi siswa bahwa sekolah itu menyenangkan. Di masa pandemi ini, buku cerita tersebut dapat menjadi referensi sekaligus hiburan bagi siswa yang harus belajar dari rumah. Siswa bisa mengakses buku-buku tersebut di alamat literacycloud.org

Lembaga Perpustakaan Nasional Indonesia telah mengembangkan perpustakaan digital dengan berbagai koleksi yang bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat melalui teknologi internet dengan alamat situs http://e-resources.perpusnas.go.id. Semua koleksi dapat dibuka tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Tentu saja harus mendaftakan diri dulu untuk menjadi anggota. Perpustakan digital lain yang bisa dikunjungi adalah perpustakaan Indonesia Publication Index alamat situs http://id.portalgaruda.org.

Keberadaan perpustakaan digital akan menjadi angin segar bagi para pelajar yang memiliki hobi membaca. Wawasan semakin luas dan membaca menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Selain itu, pembelajaran daring akan lebih menyenangkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post